Kala Jabat Kadis PU, Cabup Siak Irving Kahar Tarik Rp 3,5 M, Bangun Rumah Nelayan

Rusus-nelayan-di-siak2.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Saat menjabat Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Calon Bupati Siak nomor urut satu Irving Kahar Arifin berhasil menarik dana pusat sebesar Rp 3,5 miliar. 

APBN itu untuk membangun Rumah Khusus (Rusus) bagi nelayan di Kampung Teluk Batil, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak 2019 lalu. 

Kala itu Kadis Irving Kahar prihatin melihat banyak nelayan yang tinggal di rumah tidak layak huni di sepanjang bibir sungai. Untuk itu ia mengusulkan pembangunan rusus melalui APBN. 

"Kasihan melihat para nelayan nggak punya rumah, ada pun rumah tidak layak huni. Untuk itu kita usulkan pembangunan menggunakan APBN, alhamdulillah berkat kedekatan saya dengan orang pusat usulan itu diterima," ucap mantan kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar Arifin, Selasa 15 Oktober 2024.

"Alhamdulillah, kalau niat kita baik pasti ISO (Irving-Sugianto). Selamat dan semoga bermanfaat untuk nelayan Teluk Batil," imbuh Irving, tersenyum.


Perumahan itu dibangun menggunakan program penyediaan perumahan khusus (Rusus) melalui Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rusus yang dibangun adalah tipe 28 sebanyak 25 unit, 24 unit rumah kopel dan 1 unit tipe tunggal. Lengkap dengan fasilitas 2 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan jaringan air bersih. 

Demi mempercepat program Rusus bisa segera terealisasi, kala itu Irving menggesa Pemerintah Kampung Teluk Batil untuk segera menyiapkan lahan.

"Nelayan yang tinggal di rusus pemerintah kampung yang mendata siapa saja yang berhak mendapatkan rumah tersebut berdasarkan verifikasi faktual, untuk tahap awal hanya dapat 25 orang dari rencana 50 rumah," Tutup Irving.