Mengintip Rutinitas Pagi Cabup Siak Irving Kahar Jelang Kampanye di Hari Kedua

irving-kahar-ditemani-istri-jelang-kampanye.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Memasuki hari kampanye kedua Pilkada Siak, Calon Bupati (Cabup) Siak nomor urut 1 Irving Kahar Arifin memanfaatkan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama, sebelum rapat internal, Kamis, 26 September 2024.

Seperti biasa, Irving sarapan bersama istrinya, Sri Maiyana, di rumahnya, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Siak.

Irving kemudian melakukan rutinitas kecil, mulai memberi makan ikan koi, burung, dan menata bunga-bunga di pekarangan kecil belakang rumahnya.

“Ya, sebenarnya dari dulu kami sarapan pagi di rumah, melakukan aktivitas -aktivitas kecil menjelang berangkat kerja, seperti ini,” ujar Irving. 

Irving juga suka minum kopi tanpa gula. Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula sudah menjadi kebiasaannya sejak lama. 

“Minum kopi tanpa gula lebih sehat, lebih enak karena rasa kopi dominan, namun disarankan menyeruput kopi sesudah sarapan,” katanya. 

Irving kahar jelang kampanyeCabup Siak nomor urut 1, Irving Kahar ditemani istrinya Sri Maiyana, sarapan jelang kampanye di hari kedua, Kamis, 26 September 2024. (Foto: Hendra Dedafta/RIAU ONLINE)

Irving yang menyukai keindahan juga telah lama memanfaatkan lahan kecil di belakang rumahnya menjadi taman yang menarik. Di taman yang ditata rapi itu, ada kolam ikan koi dan kandang burung. 



Gemericik air di kolam koi dan suara kicauan burung di pagi hari telah menjadi terapi alami baginya sejak dulu. Hal itu juga membuat suasana di belakang rumahnya kian alami. 

“Inilah rutinitas kecil di pagi hari, memberi makan ikan dan burung, merapikan bunga-bunga dan menyiramnya, sehingga semuanya di sini tumbuh dengan sehat,” ujarnya. 

Aktivitas itu ia lalui setiap pagi, sembari menyeruput secangkir kopi hitam tanpa gula. Tentunya sarapan terlebih dahulu, agar lambung tetap aman dari senyawa kafein. 

Begitu semua aktivitas kecil ini selesai, Irving pun bersiap untuk menunggu tamu. Saat siang, Irving akan meneruskan kegiatan politik, yaitu konsolidasi internal. 

“Sebelumnya kan berangkat kerja, sekarang tentu aktivitasnya lebih ke politik. Dan konsolidasi internal hari ini untuk mematangkan persiapan kampanye,” ujarnya. 

Irving mengatakan, PDI Perjuangan dan PKB yang mengusungnya sangat solid bergerak di masyarakat. Ditambah lagi tim pemenangan dan relawan yang mempunyai jaringan hingga ke desa dusun, RT, RW dan RK. 

Irving dan istrinya Sri Maiyana menatap Pilkada Siak 2024 penuh optimistik. Langkah itu didukung keluarga besar, termasuk anak-anaknya. Sebab bagi Irving, maju di Pilkada Siak 2024 membawa misi perjuangan untuk pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan memacu SDM yang unggul dan berdaya saing. 

“Ada yang menggiring opini bahwa saya maju ini untuk memecah suara, hanyalah gimmick dan lain-lain. Saya telah membantah itu, dan mengatakan bahwa ini adalah langkah perjuangan, serius dan tentunya berorientasi pada kemenangan,” ujarnya. 

Baginya tidak ada kamus bermain-main dalam Pilkada Siak. Sebab ia terlanjur jatuh cinta pada Negeri Istana. Selama 24 tahun mengabdi di Kabupaten Siak sebagai ASN, cukup banyak kontribusinya kepada Pemkab Siak untuk meraih prestasi tingkat nasional. 

“Siak ini sudah seperti kampung saya sendiri, saya ingin Siak semakin bagus, semakin baik, dan semakin maju, serta semakin hebat lagi,” katanya. 

Padahal masa pensiunnya masih tersisa 2 tahun ke depan. Namun ia memilih pensiun untuk maju di Pilkada Siak 2024 ini. Waktu pensiun posisinya masih Kepala Dinas PU Tarukim Siak. 

“Tidak mungkin saya mengorbankan karir saya jika maju ini dianggap pemecah suara atau sekadar gimmick, tidak. Saya serius mengikuti kontestasi ini atas dasar ketulusan hati dan pikiran yang dalam,” ujarnya.