Bawaslu Siak Deklarasi Pemilu Damai 2024 Lewat Festival Budaya

Bawaslu-Siak-Deklarasi-Pemilu-Damai-2024-Lewat-Festival-Budaya.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak menggelar festival budaya dan jalan sehat dalam rangka deklarasi dan mengkampanyekan pemilu damai 2024.

Acara itu digelar di taman Tengku Agung di bawah jembatan TASL Siak, Sabtu 21 September 2024 pagi. Ribuan masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan jalan sehat dan menyaksikan penampilan budaya. 

"Dalam upaya deklarasi dan mengkampanyekan pemilihan damai untuk Pilgubri dan Pilkada Siak 2024, Bawaslu Siak menggelar festival budaya dan jalan sehat," ucap ketua Bawaslu Siak Zulfadli Nugraha. 

"Pagi tadi jam 6 kita mulai jalan sehat, seperti biasa ada doorprize untuk para peserta, kemudian untuk meramaikan pengundian doorprize kita selingi dengan penampilan budaya, tadi ada barongsai, reog ponorogo, kemudian berbagai tarian daerah," Imbuhnya. 

Dalam hal ini kita juga melibatkan pihak Kepolisian Polres Siak, Dandim 0322/Siak, pemda Siak dihadiri oleh Asisten 1, KPU Siak, dan juga para Calon Bupati dan Wakil Bupati, panwascam se-Kabupaten Siak dan masyarakat. 

Tujuan dibuat acara ini sekaligus untuk mengimbau dan memberitahukan kepada masyarakat supaya Pilgub dan Pilbup 2024 di Kabupaten Siak berjalan damai. 



"Meskipun berbeda pilihan nantinya, jangan timbulkan kericuhan. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk terlibat juga dalam mengawasi jalannya pemilu, kita semua punya kewajiban dan tanggung jawab untuk menyukseskan Pemilu 2024," kata Zulfadli. 

Usai kegiatan seluruh tamu undangan pejabat tinggi serta masyarakat bersama-sama menandatangani papan deklarasi pemilihan tahun 2024.

Papan deklarasi itu berisikan tentang ikrar segenap elemen masyarakat Kabupaten Siak :

1. Siap mewujudkan pemilihan 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil. 

2. Siap mengawasi dan mengawal pemilihan 2024 dari money politik, politisasi sara dan hoax.

3. Siap menolak politik uang sebagai sarana meraih simpati pemilih, karena mencederai integritas dan kedaulatan rakyat. 

4. Siap mendukung kegiatan pengawasan partisipatif dan penanganan pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Siak. 

5. Siap melaksanakan kampanye pemilihan 2024 yang damai demokratis dan edukatif dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih.