Pisah Sambut Kadis PU Tarukim Siak Penuh Haru, Irving Kahar Pesan Jaga Kekompakan

Pisah-Sambut-Kadis-PU-Tarukim-Siak-Penuh-Haru-Irving-Kahar-Pesan-Jaga-Kekompakan.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK -  Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak menggelar acara pisah sambut dengan Kadis PU Tarukim Irving Kahar Arifin.

Acara pisah sambut yang digelar di Kantor Dinas PU Tarukim, Kamis, 19 September 2024 ini diwarnai suasana haru karena kehilangan pemimpin dan orang tua yang sudah 13 tahun membina dan membimbing mereka di PU Tarukim Siak.

Irving diketahui telah pensiun dan memilih jalan politis menjadi Calon Bupati Siak pada Pilkada 2024. Posisinya kini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PU Tarukim, Junaidi.

Kepala Bidang Tata Ruang Ferdy mengaku sedih dengan perpisahan itu. Menurutnya, Sosok Irving merupakan tempat belajar dan diskusi untuk menjadi pribadi lebih baik.

"Selama dipimpin Pak Irving, suka dukanya banyak,” tuturnya.

“Sebenarnya saya yang paling sering dimarahi oleh beliau. Tapi beliau memarahi saya karena ada kekurangan di kinerja saya. Tapi setelah itu kembali seperti biasa," imbuhnya.

Ferdy menyampaikan, kemarahan Irving sering kali karena karena kinerja yang kurang maksimal serta rasa kepedulian dengan anggota agar bisa bekerja dengan baik.


“Itu yang membuat semangat kerja anggota untuk menjalankan tugas dengan sempurna, bahkan beliau selalu mengapresiasi anggota bila pekerjaannya bagus," ujarnya. 

Dia menceritakan, awal masuk PU pada 2017 lalu, banyak pengalaman yang berkesan baginya menjadi Kabid Tata Ruang 7 tahun lamanya mulai dari menyusun Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan tugas lainnya.

"Saya sebagai bawahan beliau dididik keras dan tegas, bagaimana gaya beliau memimpin kami sudah hapal. Itu semua menunjukkan beliau sayang dan peduli kami semua," katanya.

Mata Ferdy berkaca-kaca menceritakan kenangan masa-masa Irving memimpin Dinas PU Tarukim Siak. Baginya mungkin tak ada lagi sosok ayah tempat dia mencurahkan keluh kesahnya baik soal pekerjaan dan di luar kerjaan.

"Bagi saya beliau orang tua saya karena kalau ada masalah saya selalu curhat dengan beliau, segala sesuatu hal berkaitan dengan pekerjaan maupun hal di luar kerjaan saya selalu minta arahan. Dan insya allah beliau selalu memberikan saya masukan untuk kedepan lebih baik. Masukan yang saya dapat, saya terima sangat berguna bagi saya," ujar Ferdy.

Mantan Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Ir H Irving Kahar Arifin juga tak kuat menahan air matanya dalam momen itu, karena bagi Irving semua pegawai PU adalah keluarganya sendiri.

"Jujur ini momen paling sedih bagi saya, di sini banyak cerita suka dukanya, karena PU alhamdulillah semua kompak kami merasa semua keluarga, 24 tahun saya di PU dan 13 tahun jadi kepala dinas saya sangat merasa kehilangan," ucap Irving dengan mata berlinang dan bibir bergetar.

Ia merasa terharu sebab harus berpisah dengan semua pegawai PU yang sudah seperti keluarganya sendiri.

"Hari-hari kedekatan kami seperti ini, makan-makan di kantin, bersepeda bersama, sering jalan-jalan sama, ya memang inilah keluarga besar PU," katanya.

Irving berpesan kepada seluruh pegawai di PU Siak untuk selalu menjaga kekompakan dan bekerja secara profesional. Gotong royong dan komunikasi mesti terjalin erat agar PU semakin kuat.

"Jadi saya pesan untuk PU harus kompak, dengan kompak kita kuat. Sakit satu sakit semua, senang satu senang semua. Saya berharap orang PU harus berani dan bertanggung jawab, jangan takut jika ada yang ingin menjatuhkan PU, harus tetap bekerja secara profesional," tutupnya.