Pasangan Irving-Sugianto Bakal Benahi Gerai UMKM di Kawasan Istana Siak

Pasangan-Irving-Sugianto-Bakal-Benahi-Gerai-UMKM-di-Kawasan-Istana-Siak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Bakal Calon Bupati Siak Irving Kahar Arifin - Sugianto sudah menyusun rencana untuk benahi UMKM di kawasan Istana Siak yang akan direalisasikan jika terpilih menjadi Bupati Siak. 

Hal ini menjadi misi pembangunan kedepan, sebab ia merasa empati kepada para pelaku UMKM di sekitar kawasan Istana Siak. Menurut mereka, hingga saat ini UMKM di sekitar kawasan istana belum mendapatkan tempat permanen dan gerai yang layak. 

“Kami ingin meningkatkan keberlanjutan UMKM, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan destinasi wisata di kawasan istana,” kata Irving, Kamis 12 September 2024.

Pasangan Irving - Sugianto, dikenal ISO, dalam misinya akan menata kawasan UMKM di sekitar Istana Siak tersebut.

Lokasi yang direncanakan adalah pangkalan mobil pemadam kebakaran (Damkar) BPBD di sebelah kawasan istana Siak. 



“Sedangkan pangkalan Damkar nantinya kita direlokasi ke arah kampung Rawang Air Putih, di sekitar gedung kantor DPRD Siak,” katanya.

Ia mendesain Rencana Tata Bangunan Lingkungan (RTBL) Kota Pusaka untuk mengakomodir pola ruang di lokasi tersebut agar UMKM dapat meningkatkan perekonomian. 

“Penataan kawasan UMKM ini akan ditata dengan elegan sehingga terlihat seperti kawasan-kawasan heritage di luar negeri, sama halnya seperti Royal Palace di Amsterdam,” ujarnya.

Ia menambahkan, bangunan kutab yang berada di samping istana merupakan bangunan tua yang merupakan Latifa School, dan dapat dimanfaatkan sebagai Pusat Informasi Wisata.

“Gerai UMKM yang akan dibangun dibuat minimalis, modern, berjejer dengan seragam, dengan adanya kursi dan meja di bagian depan, sehingga menarik perhatian pengunjung,” katanya.

Selain itu, kawasan untuk penataan UMKM ini cukup strategis, dekat dengan pintu keluar istana Siak. Begitu wisatawan keluar istana, langsung terbawa arus ke gerai UMKM yang ada di sebelahnya. 

“Jadi UMKM di sekitaran istana Siak tertata dengan baik, nyaman dan aman bagi wisatawan untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh,” ujarnya.