Ziarah ke Makam Sultan Siak, Irving-Sugianto: Pentingnya Menghargai Sejarah

Ziarah-ke-Makam-Sultan-Siak-Irving-Sugianto-Pentingnya-Menghargai-Sejarah.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mengenakan pakaian Melayu berwarna putih lengkap dengan kopiah hitam dan kain songket, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Siak, Irving - Sugianto serta rombongan ziarah ke makam para sultan Kerajaan Siak, Kamis 29 Agustus 2024.

Paslon Irving dan Sugianto atau ISO melakukan ziarah makam sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi.

Keduanya berziarah ke makam pendiri Kerajaan Siak yakni Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah atau yang dikenal dengan Raja Kecik. Kemudian lanjut ke makam Koto Tinggi yang terdapat lima sultan dari sultan Siak VII sampai Sultan Siak XI. Terakhir rombongan makam Sultan Syarif Kasim II.

Irving Kahar mengatakan, ziarah yang dilakukan adalah untuk mengingat jasa para pendiri kerajaan Siak dan berniat untuk membangun Siak menjadi lebih hebat.

"Jadi kami sebelum pendaftaran ke KPU, ziarah ke makam Sultan Pertama Siak, ke Makam Koto Tinggi. Ini tentunya adalah orang-orang berjasa yang membangun Kerajaan Siak. Kita harus mengingat jasa-jasa para pendiri negeri ini," ujar Irving.



Pasangan dengan jargon Siak Hebat ini melangkah dengan pasti mendatangi makam-makam para tokoh negeri istana. Keduanya berharap bisa menjadi pemimpin Kabupaten Siak.

"Kami sangat berharap dan berdoa meminta izin. Nantinya kami bisa menjadi kepala daerah," ujar Irving yang diusung PDIP.

Sementara itu pasangannya, Sugianto juga mengamini hal yang disampaikan calon Bupati Siak tersebut. Menurutnya, hal terpenting adalah jangan sampai melupakan sejarah.

"Seperti yang dikatakan Pak Irving, kita ingin di masa kepemimpinan nanti kami tidak melupakan sejarah-sejarah," kata Sugianto, calon Wakil Bupati Siak yang diusung oleh PKB.

Ke depan, ia berharap situs sejarah Siak yang punya seretan makam raja ini bisa menjadi destinasi wisata religi tingkat nasional.

Usai melaksanakan ziarah makam, pasangan Irving-Sugianto akan melaksanakan salat sunnah hajat di Masjid Syahabuddin berdekatan dengan komplek makam Sultan Syarif Kasim II.