Bawaslu Siak Upgrade Pemahaman Kapasitas Panwascam Awasi Pilkada 2024

Bawaslu-Siak-Upgrade-Pemahaman-Kapasitas-Panwascam-Awasi-Pilkada-2024.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak melakukan peningkatan keilmuan dan pemahaman Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024.

Peningkatan kapasitas pengawas pemilu Ad Hoc bagi panwas kecamatan se Kabupaten Siak dilakukan selama dua hari, 11-12 Juni 2024 di hotel Grand Royal Siak. 

Bawaslu Siak memberikan pemaparan pemahaman terkait kinerja yang akan dijalankan oleh para panwascam di Pilkada mendatang. 

“Secara umum, ada perbedaan antara pemilu lalu dengan Pilkada Siak nanti. Dalam pemilu lebih banyak kontestan sedangkan di pilkada hanya beberapa calon,” kata ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadli Nugraha. Siak, 11 Juni 2024.


Zulfadli mengatakan, secara prosedural kerja juga mengalami perbedaan antara pengawasan di pemilu dengan pengawasan pilkada nantinya.

“Harapan kami, panwascam bisa mengupgrade keilmuan dan pemahaman, sehingga nanti kuat secara keilmuan dalam pengawasan pilkada,” ucapnya. 

Zulfadli menambahkan, kegiatan peningkatan kapasitas itu juga perlu dilakukan dalam rangka penyegaran untuk panwaslu yang eksisting panwascam sebelumnya dan penguatan keilmuan bagi panwascam yang baru bergabung.

“Bulan Mei kemarin, sebanyak 42 orang panwascam dilantik se Kabupaten Siak. 11 diantaranya wajah baru, tentu perlunya penguatan keilmuan dan pemahaman, selain wajah lama di panwascam agar eksisting terus terjaga,” pungkasnya.

Pada kegiatan peningkatan kapasitas itu juga dihadiri, komisioner Bawaslu Siak Andi Susilawan, Harlen Manurung, dan Ikhsan Parulian Harahap.