PT KPI Unit Sungai Pakning Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah

PT-KPI-Unit-Sungai-Pakning-Selenggarakan-Kegiatan-Donor-Darah.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, SUNGAI PAKNING - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Sungai Pakning bersama Simpatisan Pendonor Darah (Simpenda) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bandar Laksamana dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkalis sukses menggelar kegiatan donor darah, Selasa 14 Mei 2024.

Kegiatan ini mengusung tema “Setetes Darah Bermanfaat Untuk Kita”. Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan Sosialisasi Pentingnya Donor Darah yang bertempat di Kantor Camat Bandar Laksamana.

Ketua Simpenda, Yulizar mengatakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan  ini merupakan kegiatan lanjutan yang sudah dimulai pada tahun lalu. 

“Kegiatan pada hari ini merupakan kali kedua dilaksanakannya agenda donor darah, dimana untuk kegiatan ini dimulai pada Januari 2023. Kedepannya diharapkan untuk adik-adik dapat menjadi pendonor dan mudah-mudahan dukungan kepada kami juga tetap berlanjut. Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kegiatan ini terlaksana,” kata Yulizar.

Yulizar berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat pada kondisi tertentu dan kedepannya diharapkan tiap desa minimal 10 orang pendonor. Sehingga nantinya dalam 3 Kecamatan ini terdapat minimal 360 pendonor aktif terlaksana.



Dalam kegiatan tersebut, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bandar Laksamana yang turut hadir, Sarikun mengatakan  untuk pendonor darah di Kecamatan Bandar Laksamana tergolong masih rendah partisipasi. Oleh sebab itu, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat serta mengedukasi terkait manfaat donor darah, baik untuk donor maupun resipien (penerima darah).

“Kegiatan kedua yang kita laksanakan ini semoga dapat meningkatkan kesadaran pentingnya donor darah, baik untuk penerima donor dan juga pemberi donor darah. Mudah-mudahan darah yang diberikan dapat menjadi amal ibadah bagi pendonor dan juga memberikan manfaat bagi penerima donor darah”, ujarnya.

Manager Production RU II Sungai Pakning yang diwakili oleh Rachmat Harris Firmansyah mengatakan kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan sejak tahun 2020 sebagai salah satu program binaan CSR RU II Sungai Pakning bersama Stakeholder terkait.

“Kegiatan sosial ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan juga membantu masyarakat khususnya di Kecamatan Bandar Laksamana dalam memenuhi kebutuhan darah kepada masyarakat yang membutuhkan dan juga sosialisasi kepada adik-adik SMA yang hadir dalam kegiatan hari ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dapat menumbuhkan rasa kepedulian adik-adik dan kesadaran bagaimana pentingnya dan juga manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan donor darah ini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Sekretaris Camat Bandar Laksamana, Rahmadhani pun turut memberikan apresiasi kepada stakeholder terkait atas dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan kegiatan sosialisasi donor darah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pertamina dan PMI mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat kepada kita semua. Untuk adik-adik yang hadir, semoga dengan adanya kegiatan ini adik-adik dapat meningkatkan Kesehatan dan menjadi orang yang berhasil,” tutupnya.