Kampung Buantan Lestari Juara Umum MTQ XIII Tingkat Kecamatan Bungaraya

Penutupan-MTQ-Bungaraya.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIII tahun 2023 tingkat Kecamatan Bungaraya secara resmi ditutup Wakil Bupati Siak Husni Merza di Astaka Utama Lapangan Bola Kampung Jatibaru, Selasa 30 Mei 2023  malam. Kampung Buantan Lestari raih juara umum.

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengapresiasi Kecamatan Bungaraya yang pertama melaksanakan MTQ tingkat kecamatan di kabupaten Siak.

"Ini menjadi awal yang baik, karena kecamatan Bungaraya sesuai keputusan bersama pada MTQ Lubuk Dalam tahun lalu. Kecamatan Bungaraya akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke XXIII tingkat kabupaten Siak tahun 2023. Yang rencananya kita laksanakan bulan Oktober mendatang,"ujar Wabup Husni.

Wakil Bupati Siak Husni Merza hadir mewakili Bupati Siak Alfedri menilai Kecamatan Bungaraya memiliki potensi dan bakat Qori dan Qoriah yang terpendam. Terlebih lagi, Kecamatan Bungaraya memiliki pondok pesantren dengan banyak kiyai dan ustad, sehingga menjadi modal untuk meningkatkan prestasi di MTQ tahun 2023.

"Di MTQ Lubuk Dalam kemarin Bungaraya sudah bisa mengukir prestasi dari peringkat 12 bisa menjadi peringkat 6 ini sangat pesat kemajuannya. Biasanya di helat MTQ ditunjuk sebagai tuan rumah, ada keistimewaan tersendiri. Saya kasih tantangan Kecamatan Bungaraya harus masuk minimal 5 besar syukur kalau masuk 3 besar," kata Wabup Husni.


Sebagai tuan rumah, Wabup Husni minta kepada masyarakat untuk mendukung penuh, karena di sini banyak pondok pesantren dari santrinya akan lahir qori, qoriah dan hafidz serta cabang lain yang diperlombakan pada MTQ nantinya. 

“Bukan tidak mustahil karena dilihat dari loncatan prestasi yang diraih di MTQ Lubuk Dalam kemarin dibanding dengan MTQ Dayun itu luar biasa," sambungnya.

Wabup Husni menilai pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Bungaraya tahun 2023 ini berlangsung sukses. Ia berharap kepada peserta yang berhasil meraih prestasi mengikuti Training Center (TC).

"Saya ucapkan selamat kepada peserta yang menang. Kalian duta yang mewakili Bungaraya nantinya pada MTQ tingkat kabupaten Siak. Saya pesan teruslah berlatih, jangan sombong dengan apa yang kita raih, karena persaingan sangat berat,” pesannya.

Malam penutupan MTQ berlangsung meriah karena dihadiri ribuan warga Kecamatan Bungaraya. Di akhir acara Wakil Bupati Husni Merza didampingi camat menyerahkan piala bergilir kepada Penghulu Kampung Buantan Lestari sebagai juara umum MTQ ke XIII tingkat Kecamatan Bungaraya tahun 2023.