ASN Pemko Pekanbaru Harus Netral Selama Tahapan Pilwako 2024

Ilustrasi-ASN1.jpg
(Dok. KemenPAN RB)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru harus memastikan diri netral dalam tahapan Pilwako 2024. Mereka jangan sampai memperlihatkan keberpihakan kepada satu pasangan calon yang maju dalam pilwako kali ini.

"Arahan pimpinan yakni Pj Wako Pekanbaru, tidak cuma menjaga kondusivitas, tapi ASN pemko harus netral," tegas Asisten III Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Samto, Jumat 30 Agustus 2024.

Netralitas ASN ini menjadi satu titik berat dari Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengawal tahapan pilwako. Pemerintah kota pun siap berkolaborasi dengan semua pihak mendukung kesiapan Pilwako Pekanbaru dan Pemilihan Gubernur Riau tahun ini.

"Kami siap berkolaborasi dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder, seperti pihak pengamanan dalam hal ini TNI dan Polri," sebutnya.



Samto menambahkan, pemerintah kota juga mengerahkan Satpol PP Kota Pekanbaru untuk membantu pengamanan pilwako. Sejumlah instansi pemerintah kota seperti DPKP Pekanbaru dan BPBD Kota Pekanbaru ikut membantu pengamanan.

"Mereka semua siap bekerjasama, mendukung rangkaian tahapan pengamanan dalam rangka tahapan pilwako tahun ini," katanya.

Ia menyebut, persiapan matang dan sinergi yang kuat, diharapkan Pilkada di Pekanbaru dapat berjalan aman dan lancar. Sehingga, suasana yang kondusif bagi seluruh warga kota dapat tercipta.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing isu dalam pilwako. Ia mengingatkan masyarakat agar memberikan pilihan dalam pencoblosan pada November 2024 mendatang.

"Mari menjaga suasana kondusif dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu atau informasi bohong (hoaks) yang berpotensi menimbulkan konflik," imbaunya.