Renovasi Pasar Bawah Pekanbaru Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini

Kepala-DPP-Kota-Pekanbaru-Zulhelmi-Arifin.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengerjaan renovasi Pasar Bawah, Pekanbaru, hingga kini masih dilakukan oleh pengelola. Sejumlah bangunan pasar dilakukan renovasi sehingga bisa menjadikan kawasan itu lebih tertata rapi. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, saat ini pengelolaan Pasar Bawah sudah dikerjasamakan dengan Kerja Sama Pemanfaatan (KSP).

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggandeng pihak ketiga, yakni PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) selama 30 tahun. Proses renovasi pun sudah dimulai sejak akhir tahun lalu.

"Proses pembangunan sampai saat ini masih terus dikerjakan. Diharapkan bisa rampung akhir tahun ini," kata Zulhelmi Arifin, Selasa 5 Agustus 2024.



Selama pembangunan renovasi berlangsung, ratusan pedagang Pasar Bawah ditempatkan di TPS yang berlokasi di eks pelabuhan Pelindo. 

Pihaknya juga mendapati beberapa pedagang yang masih berjualan di sekitar lokasi bangunan pasar yang sedang direnovasi. Sehingga kerap menyebabkan kemacetan di kawasan pasar wisata tersebut.

Dinas terus mengupayakan agar pedagang menempati TPS di eks Pelabuhan Pelindo yang posisinya tidak jauh dari Pasar Bawah. Pengelola pun diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pedagang.

"Kami berharap seluruh pedagang ditempatkan di TPS di eks Pelabuhan Pelindo. Fasilitas parkir, toilet, dan musala telah disediakan pengelola," kata Zulhelmi.