Jumat Hari Istimewa Raja, Berikut Amalan-Amalan yang Dianjurkan

Salat-Jumat4.jpg
(suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam taggal hijriyah atau kalender islam, hari jumat ialah rajanya hari (sayyidul ayyâm) atau paling istimewa. Dari segi penamaan saja, kata “Jumat” Qamus Al-Lughah Al-Arabiyah Al-Ma'ashir dapat dibaca dalam tiga bentuk: Jumu'ah, Jum'ah, dan Juma'ah, yang berarti berkumpul.

Dilansir dari berbagai sumber, pada hari Jumat Allah SWT menurunkan banyak kebaikan bagi manusia yang mau mendekat diri kepadanya. Lalu dengan amaliyah apa saja agar meraih kebaikan pada hari Juma? berikut amalan-amalan yang dianjurkan pada hari Jumat.

1. Mandi Jumat

Anjuran untuk mandi Jumat ini telah disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah. Salah satu hadits berkaitan dengan hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, yaitu:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya". (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Berdasarkan hadits tersebut, disunnahkan bagi orang yang berniat melaksanakan shalat Jumat, meskipun Jumat tidak diwajibkan baginya. Kesunnahan mandi Jumat ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki yang diwajibkan melakukan Jumat, namun juga berlaku bagi anak kecil, hamba sahaya, perempuan dan musafir yang berniat menghadiri shalat Jumat, meskipun mereka tidak diwajibkan melaksanakan Jumat.

2. Memotong Kuku dan Mencukur Kumis

Memotong kuku dan kumis adalah amalan ini dianjurkan dilakukan sebelum sholat Jumat. Hal ini sebagaimana yang bersumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Artinya: Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat (HR Imam Al-Baihaqi).

3. Bersegera ke Masjid untuk sholat Jumat

Bagi umat muslim yang hendak melaksanakan sholat Jumat, hendaknya segera menuju masjid untuk menunaikan ibadah lain sebelum shalat Jumat. Dalam kitab Bidayatul Hidayah Imam al-Ghazali menjelaskan tidak terlambat ke masjid adalah salah satu keutamaan shalat Jumat.

4. Berpakaian yang Putih, Rapi, dan Bersih

Umat disunnahkan menggunakan pakaian berwarna putih saat melaksanakan shalat Jumat. Menggunakan pakaian putih juga bisa menjadi pengingat kepada pakaian akhir hayat di dunia, yakni kain kafan.
Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Artinya: Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).



5. Menggunakan Parfum atau Wewangian

Menggunakan parfum atau wewangian saat hendak menunaikan shalat Jumat. Namun perlu dipastikan parfum dan wewangian yang dipakai harus tetap suci atau berasal dari sesuatu yang suci.

Kesunnahan menggunakan wewangian ini disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya:
Hari ini (jum'at) adalah hari raya yang dijadikan Allah swt untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak) (HR: Ibnu Majah).

6. Memperbanyak Sholawat

Amalan sunah di hari Jumat yang lainnya adalah membaca shalawat. Sholawat dapat dikerjakan mulai hari Kamis menjelang petang hingga Jumat lewat tengah malam. Hal ini merujuk pada sebuah hadis, yang artinya:

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi)

7. Membaca Surah Al-Kahfi

Selain memperbanyak shalawat kita juga dianjurkan membaca surat Al-Kahfi adalah amalan sunah di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadis bahwa umat muslim disarankan untuk membaca surat ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Jika merasa kesulitan membacanya sekaligus, Syekh Ali Jaber mengatakan boleh dibagi-bagi. Atau yang belum bisa membaca Al-Qur'an bisa mendengarkan murotalnya.

Keutamaan tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim sebagai berikut:

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Artinya: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat.

8. Memperbanyak Berdoa

Pada hari Jumat, seluruh umat muslim baik laki-laki maupun perempuan juga disunnahkan memperbanyak doa. Memperbanyak doa dianjurkan agar doa-doa yang dipanjatkan bertepatan dengan waktu ijabah (terkabulnya doa) yang dirahasiakan Allah dalam satu kali 24 jam hari Jumat.

Syekh Jalaluddin al-Mahalli berkata:

ـ (ويكثر الدعاء) يومها رجاء أن يصادف ساعة الإجابة

Artinya: Dan sunnah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah. (Jalaludin Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli, Syarah Minhaj at-Thalibin, juz 1, halaman: 334, Al-Hidayah)

9. Membaca Surah Yasin

Amalan selanjutnya yang dapat dikerjakan di hari Jumat adalah membaca surah Yasih. Keutamaan membaca surat Yasin berlandaskan hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr).

10. Memperbanyak Melakukan Kebaikan

Salah satu keutamaan hari Jumat adalah dilipat gandakannya pahala kebaikan sepuluh kali lipat daripada hari yang lain. Oleh karena itu, umat muslim baik laki-laki dan perempuan dianjurkan untuk memperbanyak melakukan kebaikan.

Syekh Abu Bakr bin Syatha berkata:

ـ (قوله: وسن إكثار فعل الخير فيهما) أي في يوم الجمعة وليلتها، لما أخرجه ابن زنجوية عن ابن المسيب بن رافع قال من عمل خيرا في يوم الجمعة ضعف له بعشرة أضعاف في سائر الأيام، ومن عمل شرا فمثل ذلك اه. إرشاد العباد. ويقاس باليوم: الليلة، إذ لا فرق

Artinya: Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi', beliau berkata: Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali. (Syekh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha ad-Dimyati, Hasyiyah I'anah at-Thalibin, juz 2, halaman: 104, Dar Al-Fikr).

Gharim Masjid Al-Ishlah, Nurul Zikri mengatakan Hari Jumat itu terdiri dari dua belas jam (pada siang hari). Dalam dua belas jam itu terdapat satu jam yang tidak ada seorang muslim yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan dia akan mengabulkan permintaannya.

"Maka mintalah pada akhir waktu setelah Solat Ashar, sebab Dari Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma berkata Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya hari ini (Jumat) Allah menjadikannya sebagai hari Ied bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang menghadiri shalat Jumat hendaknya mandi, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (HR. Ibnu Majah dan haditsnya dinyatakan hasan oleh Al Albani)," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 3 November 2023.

Menurutnya, diantara anjuran amalan di hari Jumat yang pernah dibaca, salah satunya membaca surah Al-Kahfi, dasar hukum (Hadits Riwayat An-Nasa'i & Baihaqi).

"Kemudian perbanyak Sholawat Kepada Nabi didasar hukum (Hadits Riwayat Muslim no.408), Lalu berhias Sebelum Sholat Jumat dasar hukum (Hadits Riwayat Bukhari no.883) dan segera Menghadiri Sholat Jumat (Hadits Riwayat Bukhari no.3211), berdoa di Waktu Mustajabah (Hadits Riwayat Abu Daud & An-Nasa'i) dan perbanyak berdoa di Hari Jumat (Hadits Riwayat Bukhari & Muslim)," tutupnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE