Dua Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Ciptakan Pemotong Kabel pada Robot Penjinak Bom

Mahasiswa-PCR.jpg
(Foto Iqbal Syauky)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dua mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR), Iqbal Syauky dan Nadiya Annisa berhasil menciptakan alat pemotong kabel pada robot penjinak bom sebagai tugas Akhir mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika.

Iqbal Syauky mengatakan ide ini awalnya hanya terlintas di pikiran, lalu mencoba mendesain bentuk dan cara kerja robotnya. Setelah semuanya selesai dirancang, dosen pembimbing akhirnya setuju dengan judul yang ia diajukan.

"Walaupun pada awal mulanya hanya untuk 1 orang, cuman budgetnya terlalu besar. Akhirnya didiskusikan dengan dosen pembimbing, dan dosen memutuskan untuk membagi menjadi 2 judul dalam 1 alat. Karena dalam alat tersebut terdapat banyak fungsi dan cara kerja yang berbeda sehingga bisa dijadikan sebagai judul dalam tugas akhir," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 3 November 2023.

Ia mengungkapka, fungsi alat tersebut untuk melakukan pemotongan kabel sumber pada pemicu bom serta untuk mengidentifikasi bom.



"Sehingga kami memerlukan waktu pengerjaan lebih kurang memakan enam bulan. Untuk biaya pastinya belum ada dihitung, akan tetapi estimasi biaya yang dikeluarkan lebih kurang Rp 30 juta" jelasnya.

Iqbal menyebutkan, bahwasanya robot ini sudah dilakukan uji coba. Karena keberhasilan robot menjadi syarat kelulusan. Dari segi fungsi pun sudah berjalan dengan yang diinginkan.

"Syukur alhamdulillah bangga dengan pencapaian yang telah didapat, terbalaskan rasa lelah dan waktu tidur yang sangat kurang. Jadi harapanya semoga robot ini dapat dikembangkan untuk ke depannya, agar dapat difungsikan dengan semestinya," tutupnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE