Isu Palestina-Israel Menggema di Paripurna Penyampaian Hasil Reses DPRD Riau

Marwan-Yohanis5.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-DPRD Provinsi Riau menggelar Paripurna Penyampaian Hasil Reses Masa Sidang Mei-Agustus 2023, Senin 23 Oktober 2023. Pada sidang tersebut, sejumlah anggota DPRD Provinsi Riau meminta agar penyampaian laporan dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil) hanya diantarkan kepada pimpinan tanpa dibacakan terlebih dahulu.

 "Sesuai dengan permintaan dari beberapa anggota, maka hasil laporan reses tidak perlu dibacakan dan hanya diantarkan saja. Karena keterbatasan waktu," ujar Wakil Ketua II DPRD Riau Agung Nugroho. 

 

Pada agenda penyampaian laporan reses tersebut, Anggota DPRD Provinsi Riau, Marwan Yohanis yang merupakan Dapil Inhu-Kuansing menggemakan isu peperangan Palestina-Israel.

 

Saat akan berjalan untuk menyampaikan laporannya, Marwan melenggang sambil mengalungkan Bendera Palestina pada lehernya. Ia juga memohon izin untuk menampilkan video terkait perang Israel-Palestina pada layar podium. 


 

"Sebagai masyarakat dunia, wajar kita memberikan dukungan dan doa untuk Palestina," ujarnya, usai video tersebut diputar selama beberapa menit.

 

Marwan Yohanis sempat diprotes oleh anggota DPRD Provinsi Riau lainnya, yang juga dari Partai Gerindra, yakni Syafruddin Iput. Pasalnya, apa yang dilakukan Marwan tidak sesuai dengan agenda rapat. 

 

Namun, setelah diberikan izin oleh Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho yang memimpin rapat paripurna, Marwan juga sempat membacakan puisi terkait Palestina.

 

"Hamparan tanah berubah bersimbah darah, puing-puing reruntuhan tak lagi menyisakan ruang. Asap menyesakkan dada. Ialah negeri ku Palestina. Sampai matipun kami tidak rela negeri ini dirampas oleh Israel," demikian pungkas Marwan.