Kemenparekraf RI Puji Kenduri Riau: Harus Ada Inovasi agar Tidak Tersingkir

Masruroh.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf RI, Masruroh, menyebut Riau sebagai salah satu provinsi dari 110 Karisma Event Nusantara. Setiap tahun selalu ada pemilihan namun secara otomatis tidak terpilih di tahun berikutnya.

 

"Jika diajukan lagi oleh Pemprov maka akan diakurasi lagi oleh tim," ungkapnya, Jumat, 18 Agustus 2023 malam.

 

Disinggung mengenai pandangannya terhadap Kenduri Riau, diakuinya dirinya telah melihat pameran pada hari sebelumnya. Ia menyebut bagus karena adanya komunitas-komunitas yang dilibatkan. Tak hanya itu, Masruroh juga sempat wawancara kepada penyelenggara terkait kolaborasi dengan brand besar yang diikutsertakan.

 

"Kolaborasi tidak mudah. Namun, susah bisa melibatkan kabupaten kota. Secara teknis, ok. Hanya perlu ditingkatkan karena berbagai daerah tahun ini mulai memperbaiki diri. Sehingga, tetap harus ada inovasi dan langkah signifikan agar tidak tersingkir dan semakin bagus," terangnya.

 



Disarankannya lagi, hal seperti sangat menjual sehingga akan mengundang wisatawan yang hadir dan berkunjung ke Tanah Melayu. Kemudian, lebih dipikirkan lagi mengenai benefitnya kepada masyarakat.

 

"Semua punya ke-khasan tapi yang saya lihat bagaimana memadukan kultur dan teknologi. Ada yang kulturnya bagus namun kemajuan teknologinya tidak dilakukan. Ada yang sangat modern, namun lupa makna akan event. Jadi, perpaduan ini yang menjadi nilai lebih untuk dipertahankan," katanya mengenai bagaimana klasifikasi daerah yang terpilih dalam Karisma Event Nusantara.

 

Sebelumnya, diungkapkannya, Riau terkenal dengan alam dan budaya yang tertata dengan Melayu. Perpaduan antara kearifan lokal dan kesenian internasional dipadu sangat bagus. Wisata belanja dan kuliner pun demikian. Itu semua kolaborasi dari semua pihak.

 

"Yang telah kita lihat dan ditampilkan oleh pelaku UMKM di bidang parekraf. Ini semua terjadi bahwa event bisa mewujudkan perekonomian secara luas. Event sebagai aksi nyata Indonesia maju dan bisa mendapat apresiasi dari masyarakat. Kita punya harapan lebih yakni bisa memberikan benefit yang lebih besar," tuturnya