Gempa 4,3 Magnitudo Guncang Riau, BMKG: Warga Jangan Panik

Gempa-Bumi13.jpg
(BMKG)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gempa berkekuatan 4,3 Magnitudo mengguncang Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Jumat, 4 Agustus 2023 pukul 9.15 WIB.

Pusat gempa berada di darat 17 Kilometer barat laut Kuantan Singingi dengan titik koordinat gempa berada pada 0.36 LS (Lintang Selatan) dan 101.39 BT (Bujur Timur).

"Gempa berkekuatan 4,3 magnitudo terjadi pada pukul 09:15 WIB dengan kedalaman 10.0 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 0.36 LS (Lintang Selatan) dan 101.39 BT (Bujur Timur)," tulis BMKG dalam rilisnya.

Gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Solok dengan skala III-IV. Skala MMI yang dirasakan adalah IV yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 4 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.


BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah."

"Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat adanya bangunan rusak dari kejadian gempa tersebut," tutup BMKG.