Gubernur Riau Tak Hadiri RUPS LB Bank Riau Kepri Syariah

Syamsuar792.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) pada Kamis, 27 Juli 2023 dijadwalkan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) di Batam. Rapat tersebut pun dihadiri para pemegang saham dan jabatan seperti Pinsi, Pinbag, Pincapem, serta Pindiv.

Salah satu pembahasan dalam RUPS LB yakni pengisian kekosongan Direktur Utama (Dirut) BRKS yang sebelumnya dijabat oleh Andi Buchari.

 

Namun, Gubernur Riau Syamsuar sebagai pengendali saham BRKS tidak menghadiri RUPS LB yang telah dijadwalkan. Hal tersebut diakuinya kepada RIAU ONLINE usai mengantar Menteri ESDM di Gedung VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

 

"Oh engga, engga, saya tidak datang, sudah ada yang mewakili," katanya. Namun, orang nomor satu di Riau ini enggan memberitahu siapa yang mewakilinya.

 

Ia pun tak menampik RUPS LB ini mengenai pergantian Dirut BRK. Namun, ia tidak menyebut siapa yang menjadi pengganti Andi Buchari.

 

"Ini mengesahkan bahwa Dirut-nya sudah berhenti. Kemudian, pembentukan pansel yang nantinya diserahkan kepada saya," ujarnya.

 


Kemunduran Andi Buchari disinyalir adanya tekanan internal dan mosi tidak percaya. Namun, hal itu dibantah oleh Gubri Syamsuar. Ia menyebut, bahwa Andi Buchari telah berazam.

 

"Oh engga, engga. Ini kan sebenarnya sudah berazam. Dia bilang ke saya dan bilang kepada kepala OJK pokoknya sampai BRK Syariah selesailah tugas saya. Rupanya ini BRK Syariah telah sampai dan ini juga sudah berakhir. Kan empat tahun sama dia. Artinya tidak ada masalah," terangnya pada Senin, 24 Juli 2023 lalu.

 

Sementara itu, menurut Ketua Pelaksanaan RUPSLB 2023 Edi Wardana, para pemegang saham telah tampak hadir pada acara tertutup yang diselenggarakan di Hotel Radison, Batam, yang akan berlangsung pukul 19.30 WIB.

 

"Hampir semua pemegang saham baik dari Riau maupun Kepri sudah tiba di Kota Batam. Hingga saat ini yang belum sampai di Batam dari Pemkab Karimun, Bintan dan Lingga. Sedangkan Pemprov Riau, Asisten II sedang dalam perjalanan menuju Batam," jelasnya.

 

Edi pun menguraikan agenda yang dibahas dalam RUPSLB 2023. Pertama, persetujuan pengunduran diri dan pengesahan pemberhentian Direktur Utama Perseroan. 

 

Kedua, persetujuan pelimpahan kewenangan kepada Gubernur Riau selaku pemegang saham terbesar untuk melakukan seleksi dan membentuk panitia seleksi Direktur Utama Perseroan. 

 

 

 

Agenda terakhir yakni persetujuan pengesahan perubahan kalimat dan frasa pada Akta RUPS Tahunan No.27 tanggal 23 April 2022.

 

Edi berujar, para Pemegang Saham Perseroan disarankan untuk beristirahat di tempat yang sudah ditetapkan oleh panitia RUPSLB 2023 hingga acara inti berlangsung. Sebelum RUPSLB dimulai, para Pemegang Saham Perseroan dijamu makan malam di hotel yang sama dengan acara RUPSLB 2023.