Siswi SMAN 8 Mandau Bisa Kuliah Lewat Beasiswa Prestasi PHR: Impian Terwujud

PT-Pertamina-Hulu-Rokan32.jpg
(Riauonline/Septri Windiyana Putri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rasa bahagia tak bisa disembunyikan para penerima Beasiswa Prestasi S1 PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) 2023. 10 pelajar berprestasi ini segera menempuh pendidikan di Universitas Pertamina, Jakarta.

 

Suka cita mewarnai acara Penganugerahan dan Inagurasi Penerima Beasiswa Prestasi S1 PHR di Rumbai Country Club (RCC), Rabu 26 Juli 2023. Para orangtua penerima beasiswa turut hadir dan menyaksikan putra-putri mereka diberikan semangat oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

 

Nuraini, penerima Beasiswa Prestasi PHR menyampaikan melalui beasiswa ini membantu mewujudkan cita-citanya sebagai Kimiawan tanpa membebani kedua orang tuanya. Apalagi bisa berkuliah di Universitas Pertamina menjadi satu impian besarnya.

 

"Alhamdulillah, terwujud. Menjadi penerima beasiswa ini bukan semata karena kami hebat, tapi karena Allah yang mudahkan urusan kami dan perjuangan orangtua juga. Kami akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kemampuan kami baik di bidang akademik maupun non akademik," ujarnya.

 

Siswi asal SMAN 8 Mandau Bengkalis ini menyampaikan, sebelum terpilih, dirinya harus melewati seleksi demi seleksi. Ia tak menampik ada sejumlah kendala dihadapi saat seleksi, mulai dari koneksi internet ketika tes online, materi tes yang butuh penalaran tingkat tinggi dan kekuatan mental mesti dijaga supaya tetap optimis.

 

Meski begitu, Nuraini tak patah semangat. Ia optimis hingga pada akhirnya bisa terpilih bersama sembilan pelajar berprestasi lainnya. Setelah bersaing dengan ribuan peserta, dirinya bersyukur atas kesempatan bisa belajar di Universitas Pertamina dengan beasiswa penuh.



 

"Tidak mudah, karena bersaing dengan siswa siswi hebat di Riau. Hanya persiapan dan kerja keras yang mampu menentukan hasil. Untuk itu, saya berjanji akan menjadi awardee yang bertanggung jawab, berprestasi, dan suatu saat mampu membuat penemuan baru yang dibutuhkan serta membawa manfaat bagi masyarakat," ucapnya semangat.

 

Gubernur Riau H Syamsuar menyambut para penerima beasiswa dan berpesan supaya jangan menyia-nyiakan beasiswa yang diberikan oleh PHR. Syamsuar juga menyampaikan bahwa beasiswa ini mendukung upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk percepatan pembangunan.

 

"Selamat dan sukses untuk 10 putra-putri asli Riau penerima Beasiswa Prestasi PHR S1 yang akan menempuh pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Pesan saya agar jangan menyia-nyiakan beasiswa yang diberikan PHR ini, jadilah mahasiswa unggulan di Universitas Pertamina. Nantinya, ananda sekalian akan menjadi agen pembangunan Provinsi Riau," ujar Syamsuar.

 

Selain diberikan semangat langsung oleh Gubernur Riau, para pelajar berprestasi juga diberikan piagam penghargaan sebagai rasa bangga terhadap penerima beasiswa. Rektor Universitas Pertamina turut menyematkan jaket almamater bentuk sambutan hangat menjadi bagian dari keluarga Universitas Pertamina.

 

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari mengatakan, penerima beasiswa yang terpilih merupakan keputusan bersama antara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT PHR, Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina.

 

 

"Dari peluncuran Beasiswa Prestasi PHR S1 hingga terpilih 10 penerimanya, Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dan Universitas Pertamina. Saya berharap ini bukanlah akhir, melainkan awal untuk kerja sama dan kolaborasi melalui program beasiswa pendidikan maupun pemberdayaan masyarakat," kata Agus.

 

Beasiswa yang diterima oleh mereka meliputi pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dipungut di awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester hingga lulus, pembebasan biaya daftar ulang, bantuan biaya hidup hingga asrama serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.