Syamsuar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Air Molek: Budaya Harus Dilestarikan

Syamsuar783.jpg
(Dok Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, INHU-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Ketua DPRD Riau Yulisman menghadiri pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama ribuan masyarakat di Pasar Sri Gading, Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), pada Selasa malam, 18 Juli 2023. Ribuan warga yang tergabung dalam Paguyuban Keluarga Jawa Kembang Setaman pun menyambut kedatangan orang nomor 1 di Riau.

Masyarakat ramai-ramai mengenakan pakaian khas Jawa yang didominasi kuning keemasan. Begitu juga Gubri Syamsuar yang ikit serta mengenakan pakaian adat jawa lengkap dengan belangkon hitam berlis cokelat keemasan.

 

Pria 70 tahun itu tampak berbaur dan bergembira bersama masyarakat. Kedatangannya itu langsung di daulat bernyanyi bersama masyarakat. "Sennag dengan budaya yang dimiliki masyarakat Riau. Saya berharap kegiatan budaya seperti ini senantiasa kita lestarikan," ucapnya.

 

Untuk diketahui, lakon yang dibawakan dalam pegelaran wayang kulit semalam suntuk kali ini adalah Gatot Koco Wisudoh dengan menghadirkan dalang Ki Adi Pambayun dari Sragen Jawa Tengah. Diadakannya pagelaran ini untuk merayakan ulang tahun Paguyuban Keluarga Jawa Kembang Setaman (PKJ-ST) ke-25.

 

"Selain untuk merayakan ulang tahun, juga untuk menyambut peringatan 1 Suro atau 1 Muharram 1445 Hijriyah," jelas Ketua Paguyuban Keluarga Jawa Kembang Setaman, Arsyadi.

 

 


Menurutnya, dirinya siap membawa paguyuban ini sebagai wadah pemersatu bangsa khususnya antar paguyuban, antar suku, ras dan antar golongan serta antar agama yang ada di Riau. "Kami ingin menjadi garda terdepan dalam menjalin kerukunan antar suku dan umat beragama," katanya.

 

Acara yang diperingati setiap setahun sekali ini juga dibarengi dengan kegiatan lainnya yakni berkaitan dengan kegiatan sosial seperti donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.