Jadikan Tabligh Akbar 1 Muharram 1445 untuk Tingkatkan Kesatuan Bangsa

Masjid-Raya-Ittihadul-Ummah.jpg
(Riau Online/Junichi Sitinjak)

Laporan: Junichi Sitinjak

 

RIAU ONLINE, KAMPAR-Umat muslim tengah merayakan 1 Muharram 1445 yang jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023 ditandai dengan pengajian akbar di berbagai masjid. Termasuk salah satunya di Masjid Raya Ittihadul Ummah, Pandau, Kampar, Riau.

 

Sekretaris Umum Masjid Raya Ittihadul Ummah, Aulia Fadhiatul Azhar mengajak masyarakat untuk menjadikan masjid sebagai sumber segala hal baik informasi terkait Islam, negara, dan menjadi landasan dasar hidup.

 

"Ini sesuai dengan nama Masjid Al Ittihadul Ummah yang artinya persatuan. Kita harapkan masjid ini benar-benar menjadi persatuan dari seluruh umat yang ada di Indonesia ini," ujarnya yang juga Ketua DPC Siak Hulu Kordapil 5.

 

Lebih jauh, ternyata masjid yang berlokasi di Pandau ini juga yang akan dikunjungi Pemprov Riau yakni Wakil Gubernur Edy Natar Nasution. Adapun acara akbar Tahun Baru 1 Muharram 1445 H akan berlangsung pada sore ini pukul 18.30 WIB

 

“Untuk 1 Muharram kali ini kita didatangi oleh orang tamu spesial dari pemerintah Provinsi Riau. Disini kita tahu bahwasanya jadwal dari pada kegiatan Wakil Gubernur itu sangat padat tetapi beliau masih menyempatkan diri hadir di 1 Muharram dan itu menjadi poin yang sangat besar buat kami,” terangnya.

 

Saat ditanya mengenai persiapan untuk acara di Masjid, Fadhil mengatakan sudah 80% persiapan untuk acara. Jelasnya lagi pada sore hari akan diadakan persiapan perjamuan terkait simulasi kedatangan tamu undangan.  


 

Acara akbar juga rutin dilaksanakan di Masjid Raya Ittihadul Ummah saat acara hari besar Islam. Begitu juga acara di luar hari besar Islam. Di masjid ini tetap melaksanakannya sesuai dengan kerja sama dengan berbagai Yayasan maupun Organisasi yang ingin melakukan acara di Masjid tersebut. 

 

 

 

 

Ketika ditanya tentang tema setiap acara yang dilaksanakan di Masjid ini, Fadhil menerangkan bahwa selalu ada perubahan. "Setiap tahun mengharapkan perubahan-perubahan tema sesuai dengan keinginan pengurus dan juga keinginan seluruh jamaah," ucapnya.

 

Selain itu, kegiatan ini akan diramaikan dengan santunan anak yatim secara simbolis oleh Wakil Gubernur dan juga secara simbolis untuk para kaum dhuafa yang akan dibagikan secara resmi keesokan harinya.