Kenang Jasa Pahlawan Polri, Irjen Iqbal Tabur Bunga di TMP Kusuma Dharma

Irjen-Mohammad-Iqbal80.jpg
(Riau Online/Rahmadi Dwi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jelang Hari Bhayangkara Polri ke-77, Polda Riau menggelar ziarah makam di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru.

Suasana henin menyelimuti TMP Kusuma Dharma, saat Irjen Mohammad Iqbal mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

Sejuknya udara di ibu kota Provinsi Riau menambah khidmatseluruh pejabat utama Polda Riau dan puluhan polisi lainnya TMP Kusuma Dharma.

Irjen Iqbal memasuki komplek pemakaman didampingi pejabat utama Polda Riau. Karangan bunga terlihat menghiasi komplel makam dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

Rangkaian ziarah kubur kemudian ditutup dengan penghormatan kepada arwah pahlawan serta diikuti tabur bunga oleh personel polisi lainnya. 

Usai dari TMP Kusuma Dharma, jajaran Polda Riau melanjutkan rangkaian Hari Bhayangkara ke pinggiran Sungai Siak, di Mako Direktorat Polisi Air Polda Riau.

Irjen Iqbal bertindak sebagai inspektur upacara. Hampir sama di makam pahlawan, jenderal bintang dua itu juga mendoakan para pahlawan. 

Kapolda Riau turut melarung karangan dan tabur bunga di perairan Sungai Siak menggunakan kapal.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Nandang Mu'min Wijaya mengatakan, ziarah makam dan tabur bunga di Sungai Siak merupakan rangkaian Hari Bhayangkara yang dilakukan oleh Polda Riau. 


"Tujuannya mengingat jasa pada pahlawan, khususnya pahlawan Polri, yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan berjasa merintis institusi polisi," ujar Kombes Nandang, Selasa, 27 Juni 2023.

Sebelumnya, Polda Riau telah membaur dengan ribuan warga Pekanbaru. Hal itu  dilakukan oleh Polres jajaran bersama warga Riau lainnya agar merasakan kehadiran polisi di tengah masyarakat. 

"Ada Fun Walk Bhayangkara, Polres juga membuat kegiatan positif lainnya seperti fun bike dengan masyarakat," terang mantan Kapolresta Pekanbaru itu. 

Beberapa hari sebelumnya, juga dilakukan bakti sosial, operasi katarak, donor darah, khitanan massal dan pelayanan kesehatan lainnya bagi masyarakat. 

 

Kombes Nandang menambahkab, rangkaian kegiatan itu juga akan diikuti dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan hukum ataupun perbaikan bagi personel agar selalu menyatu dengan masyarakat. 

"Ada juga olahraga bersama antara Polri dengan TNI yang menunjukkan sinergitas, soliditas dan kolaborasi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," tutup Kabid Humas Polda Riau.