Kapolres Pastikan Karhutla Rohul Sudah Padam: Penyebab Kebakaran Kita Selidiki

AKBP-Budi-Setiawan.jpg
(Dok Polres Rokan Hulu)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kecamatan Rokan IV, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Jumat, 16 Juni 2023 pukul 16.00 WIB. 

Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono membenarkan insiden Karhutla yang terjadi di Rokan IV tersebut. 

 

"Benar, tapi api sudah berhasil kita padamkan pada saat itu juga," ujar AKBP Budi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 17 Juni 2023.

 

Terkait apa penyebab kebakaran serta luas lahan yang terbakar, AKBP Budi mengatakan kalau pihaknya tengah mengusut hal tersebut. 

 

"Penyebab kebakaran sedang kita selidiki," pungkasnya. 

 


Padahal sebelumnya, Kapolres gencar menyebutkan Rohul Zero titik api, bahkan ia mengingatkan seluruh pihak untuk senantiasa waspada akan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

Pihaknya bersama Pemda, TNI, BPBD, Basarnas, dunia usaha, Masyarakat Peduli Api (MPA), Kabupaten Rohul bekerjasama dan bahu membahu mencegah terjadinya karhutla. Faktanya tidak demikian. 

 

Perlu diketahui, hingga bulan Juni 2023, sebanyak 581 hektare lahan terbakar di Provinsi Riau. 

 

 

Namun hingga saat ini, ratusan lahan yang terbakar tersebut, kasusnya masih terbengkalai dan tidak jelas siapa pelaku pembakaran hutan dan lahan tersebut. 

 

"Luas lahan terbakar ada sekitar 581 hektar dengan titik hotspor 708 titik," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal, Jumat, 16 Juni 2023.