Diduga Perluasan Lahan Sawit, Karhutla Terjadi di Rokan Hulu

kebakaran-hutan-dan-lahan13.jpg
(Dok Grup Jurnalis)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau seakan tak kunjung usai. Setelah ratusan hektare lahan terbakar di Dumai dan Bengkalis, kali ini Karhutla terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Meski sempat menyatakan Rokan Hulu zero titik api, tapi jika dilihat dari gambar yang diterima RiauOnline.co.id, kebakaran itu terjadi di Kecamatan Rokan IV, Jumat, 16 Juni 2023.

Dari gambar tersebut terlihat jelas Karhutla terjadi dan diduga kebakaran tersebut sengaja dilakukan untuk perluasan lahan kebun sawit.

Meski apinya sudah padam, namun kepulan asap masih membumbung tinggi ke udara.


Dihubungi lewat WhatsApp Sabtu 17 Juni 2023, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono belum menanggapi insiden karhutla di Kabupaten Rokan Hulu.

Padahal sebelumnya, Kapolres gencar menyebutkan Rohul Zero titik api, bahkan ia mengingatkan seluruh pihak untuk senantiasa waspada akan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pihaknya bersama Pemda, TNI, BPBD, Basarnas, dunia usaha, Masyarakat Peduli Api (MPA), Kabupaten Rohul bekerjasama dan bahu membahu mencegah terjadinya karhutla. Faktanya tidak demikian.