RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau memperkirakan awal tahun depan akan ada pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau. Saat ini tim Pansel sedang dalam proses penilaian. Sebelumnya ada 25 pejabat eselon II yang menjalani proses evaluasi selama lebih kurang sepekan dan berakhir, Jumat 20 Desember 2019 kemarin.
"Jumat kemarin sudah selesai evaluasinya, tapi hasilnya belum diketahui. Masih dalam proses penilaian oleh tim Pansel," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, kemarin.
Ikhwan mengungkapkanan, setelah hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim Pansel selesai, maka proses selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur Riau. Setelah itu baru diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah mendapatkan rekomendasi dari KASN, barulah dilakukan pelantikan.
"Kalau sudah dapat rekomendasi dari Komisi ASN baru dilantik," ujarnya,
Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan pelantikan pejabat eselon II hasil evaluasi ini. Sebab proses di KASN tidak bisa diprediksi. Terlebih saat akhir tahun ini. Meskipun sebelumnya BKD Riau memprediksi pelantikan ditargetkan diakhir tahun ini.
"Sepertinya tidak terkejar akhur tahun ini, karena di KASN kan kita tidak tau berapa lama prosesnya, apalagi akhir tahun kan. Jadi perkiraan kita awal tahun lah pelantikannya," kata Ikhwan.
Seperti diketahui, sebanyak 25 pejabat dilingkungan Pemprov Riau menjalani evaluasi yang dilakukan oleh tim Panitia Seleksi di Kantor UPT Penilaian Kompetensi BKD Riau, Jalan Amal Hamzah Pekanbaru, Senin 16 Desember 2019.
Tim Pansel evaluasi pejabat eselon II ini diketuai oleh Prof Ashaluddin Jalil mantan Rektor Unri. Sedangkan anggota tim Pansel diantaranya adalah, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, kemudian Mantan Biroktat Riau, M Yafiz serta Dosen UIR Azharuddin.
Berikut nama-nama pejabat yang bakal mengikuti evaluasi tersebut:
1. Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan: Joni Irwan
2. Kepala Inspektorat: Evandes Fajri
3. Sekretaris DPRD Riau: Kaharuddin
4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa: Syarifuddin
5. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan: Ferri Hc
6. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang: Dadang Eko Purwanto
7. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Ervin Rizaldi
8. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik: Yogi Getri
9. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah: Yuliwiriati Moesa
10. Kepala Dinas Perindustrian: Asrizal
11. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan: Muhamad Amin
12. Kepala Dinas Pendidikan: Rudianto
13. Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB: Andra Sjafril
14. Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olahraga: Doni Afrialdi
15. Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu: Eva Refita
16. Kepala Badan Pendapatan Daerah: Indra Putrayana
17. Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan: Arbaini
18. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik: Chairul Riski
19. Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah: Syahrial Abdi
20. Kepala RSUD Arifin Achmad: Nuzelly Husnedi
21. Kepala Biro Organisasi dan Tatataksana: Jonli
22. Kepala Biro Umum: Aryadi
23. Kepala Biro Humas, Protokol dan Kerja sama: M Firdaus
24. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat: Masrul Kasmy
25 Kepala Biro Administrasi Pembangunan: Indra. (*)