Pemprov Riau Akan Kolaborasi Bangun Rumah Warga Terdampak Abrasi Inhil

Kondisi-rumah-diterjang-abrasi-di-inhil.jpg
(Dok. Polres Inhil)

RIAU ONLINE - Enam unit rumah warga di Parit 6 Jalan Gerilya Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) hanyut akibat abrasi yang terjadi di Sungai Indragiri, Senin, 8 Juli 2024 lalu.

Atas hal tersebut, Pemerintah Provinsi Riau melalui Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto berjanji akan membangun kembali rumah korban yang terkena abrasi tersebut.

"Kita segera membangun kembali rumah warga yang rusak, berkolaborasi dengan Korem 031 Wirabima, Baznas, dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir," kata SF Hariyanto, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 13 Juli 2024.

Hariyanto mengatakan, pembangunan kolaborasi ini akan melibatkan Bupati Indragiri Hilir untuk menyediakan lahan pembangunan, Komandan Korem menyiapkan personel untuk melakukan pekerjaan fisik rumah, serta Baznas Riau menyediakan anggaran pembangunan.



"Kita gerak cepat, sesuai motto bekerja keras, bergerak cepat, dan bertindak tepat," ujarnya.

Dinas PUPR Riau melalui UPT Wilayah IV juga segera memperbaiki jalan yang amblas akibat abrasi tersebut agar segera bisa dilalui oleh masyarakat setempat. Selain itu, Hariyanto juga berjanji akan menyelesaikan jalan lintas Bono melalui program tahun jaman, sehingga mobilisasi terbagi dan bisa mengurangi beban jalan.

"Pemerintah Provinsi Riau juga akan mengambil alih kewenangan jalan lintas Rengat-Tembilahan menjadi jalan provinsi," pungkasnya.