Drainase Macet, Banjir Rendam Pemukiman Warga di Bagansiapiapi Rohil

banjir6.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, ROHIL - Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir merendam pemukiman dan sebagian wilayah di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), sejak 6 Oktober 2024. 

Ketinggian banjir diperkirakan mencapai 20 centimeter atau setinggi betis orang dewasa. Banjir diduga terjadi karena air hujan tidak dapat tertampung disebabkan saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

Forum komunikasi pimpinan daerah, seperti Plt Bupati Rohil Sulaiman, Kapolres AKBP Isa Imam Syahroni dan Dandim Letkol Kav Nugraha sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi banjir. 


"Pemerintah daerah akan melakukan normalisasi sungai, begitu juga perbaikan pintu pasang surut agar air hujan terbuang ke laut," ujar Isa.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas BPBD Provinsi Riau, Jim Gafur mengatakan bahwa penanganan banjir sudah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Rohil. 

"BPBD kabupaten sudah turun, membersihkan gorong-gorong dan pintu keluar air. Kita terus melakukan koordinasi dan pemantauan, namun kejadian masih bisa ditangani oleh kabupaten," pungkasnya.