Polres Rohul Bentuk Tim Patroli Cyber Antisipasi Hoaks pada Tahapan Pilkada 2024

Kapolres-Rokan-Hulu-AKBP-Budi-Setiyono.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, ROKAN HULU - Dalam mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan damai, Polres Rokan Hulu membentuk Tim Patroli Cyber untuk memantau dan mengawasi akun Media Sosial (Medsos) siluman yang digunakan untuk menyebarkan berita hoaks terkait Pilkada.

Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono, menyampaikan kepada awak media bahwa pihaknya telah membentuk Tim Patroli Cyber.

"Kami dan Tim Cyber Polres Rohul berkomitmen untuk menjaga dan memantau serta mengawasi media sosial agar bebas dari hoaks, Sara dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu tahapan Pilkada," ujar AKBP Budi, Jumat, 20 September 1024.

Lanjut AKBP Budi, sasaran utama dalam patroli cyber ini adalah media sosial, yang mana Tim Cyber akan memantau berbagai informasi dan isu terkait tahapan Pilkada.

"Tim Cyber akan mengumpulkan data dan mengelolanya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada," tambahnya.



Budi menambahkan Patroli cyber ini merupakan langkah kunci dalam menjaga keamanan dan integritas dalam Pilkada serentak 2024.

Maka dari itu, diingatkan kepada masyarakat baik, pendukung ataupun simpatisan Paslon agar bijak dalam bermedia sosial.

"Namun apabila ada yang terbukti menyerang salah salah satu paslon dengan berita Hoaks dan memenuhi unsur hal tersebut, tentu dikenakan hukuman sesuai Pasal yang tertera dalam UU ITE dan dapat di pidana ", tegas Budi.

Kapolres juga mengatakan untuk menjaga persatuan, meskipun berbeda pilihan tetapi inilah inti dari demokrasi yang sejati, serta jangan mudah terprovokasi hoaks terutama lewat sosmed.

Kapolres Rohul juga menegaskan seluruh personel Polres Rohul termasuk Tim Cyber siap mengawal  Pilkada 2024 agar berjalan aman, damai, lancar dan Kondusif. 

"Kami akan mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024 termasuk lewat Tim patroli cyber dan diharapkan juga masyarakat semakin dewasa dalam bersosial media sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan aman, damai dan kondusif," tutup Kapolres.