39 Ha Lahan di Rohil Terbakar, Dua Tersangka Diamankan

Pelaku-pembakaran-lahan-di-rohil.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, ROHIL - Lahan seluas 39 hektare di Rokan Hilir (Rohil) terbakar. Setelah seluruh lokasi terbakar dipadamkan, polisi berhasil menangkap dua pelaku pembakaran lahan.

Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengatakan, total ada 39 ha lahan di Negeri Seribu Kubah terbakar sepanjang tahun 2024. Lahan terbakar itu tersebar di tujuh Polsek jajaran.

"Sampai saat ini 39 ha terbakar dan seluruhnya telah padam. Sekarang sedang proses pendinginan," sebutnya, Senin, 29 Juli 2024.

AKBP Isa mencatat jumlah lahan yang saat ini telah dipadamkan dan proses pendinginan ada di enam Polsek. Di antaranya Polsek Tanah Putih 6 ha, Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan 2 ha, Polsek Pujud 1,5 ha, Polsek Kubu 6 ha, Polsek Panipahan 20 ha dan Bangko Pusako 2 ha.

"Lahan seluruhnya sudah padam. Memang di enam wilayah ini paling luas ada di wilayah Panipahan, terbaru ada di Sinaboi itu lahan terbakar 2 ha," kata Isa.

Isa mengaku proses pemadaman di lokasi Panipahan butuh kerja ekstra seluruh tim Satgas Karhutla. Bagaimana tidak, akses menuju lokasi sulit diakses darat dan butuh perjalanan 1,5-4 jam untuk sampai di lokasi.



Tak hanya itu saja, sumber air yang minim membuat petugas harus menggali tanah untuk mencari sumber air. Sementara dari Satgas Udara, air diambil dari laut karena di lokasi minim sumber air.

Selain berhasil memadamkan api. Kapolres memastikan dua pelaku telah ditangkap pada periode 2024 ini terkait kebakaran lahan di Rokan Hilir.

"Untuk pelaku sudah ada dua orang kami tangkap terkait kasus kebakaran lahan di Rohil. Pertama tersangka RS, diamankan Polsek Kubu pada 19 Juli dan tersangka MS yang diamankan oleh Polsek Sinaboi pada 23 Juli kemarin," terang Isa.

Dari kedua pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa potongan kayu terbakar, korek api, bahan bakar dan barang bukti lain terkait kasus kebakaran lahan.

Tak hanya mengamankan pelaku. Kapolres mengaku terus mengimbau masyarakat di Rokan Hilir tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Selain itu, Isa juga telah melakukan gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla. Apel digelar di Mapolres dihadiri jajaran TNI, perusahaan dan instansi terkait lainnya.