Bupati Suhardiman Amby Tegaskan Program Rumah Layak Huni Harus Tuntas Tahun Ini

Bupati-Suhardiman-Amby.jpg
(Robi Susanto/Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby menegaskan program rehabilitasi dan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) harus tuntas dibangun tahun ini.

Sehingga, pada tahun 2025 mendatang diharapkan sudah tidak ada lagi rumah masyarakat di Kabupaten Kuansing yang tidak layak ditempati. Semua rumah masyarakat harus sudah layak ditempati pada tahun  depan.

"Data kita masih ada sekitar 2002 rumah masyarakat yang masih berlantai tanah, dan kategori rumah yang masih beratap daun masih ada sekitar 1.000 rumah, ini harus kita bangun secara baik sehingga layak untuk ditempati," kata Bupati Suhardiman Amby saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kuansing 2025-2045 bertempat di aula SMAN Pintar Teluk Kuantan, Selasa, 21 Mei 2024.

Suhardiman memperkirakan untuk menuntaskan persoalan tersebut pemerintah daerah membutuhkan anggaran sekitar Rp 40 miliar. Sehingga pada tahun 2025 mendatang semua rumah masyarakat kita yang kurang layak ditempati sudah layak untuk ditempati.



"Kita coba melalui APBD Perubahan nanti kita anggarkan supaya rumah masyarakat kita yang belum layak ini menjadi layak dan nyaman untuk ditempati," kata Suhardiman.

Untuk itu Bupati Suhardiman dihadapan Camat dan Kepala Desa yang hadir untuk mendata ulang masyarakat yang memang rumahnya kurang layak supaya didata dengan benar dan disampaikan nantinya.

"Jadi kita sensus dulu, nanti seluruh Kades saya minta data semuanya rumah warga yang benar-benar tidak layak supaya didata dengan benar dan disampaikan ke Camat. Kita tuntaskan tahun ini (2024,red) data dengan benar nanti kita verifikasi," kata Bupati.