Jalan Nasional di Bukit Tabuh Kuansing Longsor, Lintas Sumatera Terancam Putus

jalan-longsor2.jpg
((dok Screnshoot Video Grup WA))

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jalan Nasional didaerah Bukit Betabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau mengalami longsor parah, Minggu, 18 Januari 2024.

Jalan ini merupakan lintas tengah yang banyak dilalui mobil antar lintas terutama dari Pekanbaru - Teluk Kuantan dan Teluk Kuantan - Kiliran Jao, Sumbar. Akses jalan ini juga dilalui kendaraan menuju Jambi hingga Lampung sampai Jakarta.

Informasi yang berhasil dirangkum RIAU ONLINE sejak Minggu siang tadi mobil angkutan berat sudah mulai diingatkan untuk tidak melintas. Karena sebagian terutama pada bagian bawah aspal juga mulai mengalami longsor.

"Tadi (Minggu,red) longsornya sekitar pukul 10.00 atau pukul 11,00 WIB lebih kurang. Kejadian sebelum siang tadi," ujar Kepala Desa Kasang, Rafles yang dihubungi RIAUONLINE, Minggu sore.


Dia mengatakan sejumlah mobil berat seperti batu bara dan mobil berat lainnya sudah tidak berani melintas mengingat kondisi longsor makin parah. "Longsornya cukup panjang, sekarang yang banyak melintas itu mobil kecil yang muatannya ringan," katanya.

Longsor tersebut kata Rafles juga sudah ditinjau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuansing. "Tadi BPBD juga sudah turun," katanya.

Rafles menghimbau bagi warga yang mengendarai kendaraan untuk berhati-hati melintas di daerah tersebut mengingat kondisi tebing tempat terjadinya longsor cukup curam.

Teks foto : Lokasi jalan nasional yang longsor berada didaerah Bukit Betabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik (dok Screnshoot Video Grup WA)