Tinjau Banjir, Bupati Kuansing Temukan Rumah Warga yang Tidak Layak Huni

Suhardiman-Amby25.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINETELUK KUANTAN -Bupati Kuansing Suhardiman Amby menemukan ada rumah warga di Desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik dengan kondisinya yang sangat memprihatinkan.


Rumah warga tersebut sempat dikunjungi Bupati Suhardiman Amby disela-sela meninjau banjir disejumlah desa di Kecamatan Kuantan Mudik, Minggu, 7 Januari 2024.

Melihat ada rumah warganya yang kondisinya memprihatinkan, Bupati Suhardiman langsung mengintruksikan kepada Baznas Kuansing untuk segera membantu warga  tersebut agar dibangun rumah yang layak.

"Tolong Kades, Camat dan pak Asisten III di tindaklanjuti, agar rumah ini segera di bangun," kata Bupati Suhardiman disela-sela meninjau banjir, Minggu.

Bupati Suhardiman menyatakan rasa prihatinnya terhadap kondisi rumah yang merupakan milik salah satu mantan Kepala Desa Luai tersebut.

"Hari ini kami meninjau kondisi masyarakat Desa Luai yang terdampak banjir juga menyalurkan bantuan. Kami juga melihat kondisi masyarakat sekitar dan kebetulan kami melihat salah satu rumah warga dengan kondisi yang memprihatinkan," kata Suhardiman.

Suhardiman juga mengintruksikan agar minggu depan rumah tersebut supaya segera dapat dibangun melalui bantuan Baznas Kuansing.

Mendapatkan perhatian tersebut, anak pemilik rumah menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Bupati Kuansing atas inisiatif akan membangun rumah orang tuanya tersebut.

Seharusnya pemerintahan desa apabila ada warganya tinggal dirumah kurang layak huni disampaikan kepada Pemkab Kuansing untuk dibangun.

Hingga kini sejumlah desa yang ada dibeberapa kecamatan di Kuansing sebagian memang masih terendam banjir akibat meluapnya air sungai kuantan. Sebagian besar warga yang tinggal dibantaran sungai kuantan masih ada rumah yang terendam.