Pemkab Kuansing Gelar Sosialisasi E-Katalog Lokal dan Teras Kopi Baja

Pemkab-Kuansing-sosialisasi.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing menggelar sosialisasi e-katalog lokal dan teras Kopi Baja bagi asosiasi dan penyedia jasa konstruksi se-Kabupaten Kuantan Singingi.

Acara dibuka Bupati Kuansing Suhardiman Amby diwakili Asisten II Setda Kuansing Ir Maisir didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Toto Priswandoyo bertempat di ruang multimedia kantor Bupati Kuansing, Jumat, 21 Juli 2023.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Setda Kuansing, Toto Priswandoyo mengatakan sistem e-katalog lokal merupakan inovasi dan pengembangan sistem yang dirancang oleh lembaga kebijakan barang dan jasa pemerintah (LKPP).

Dengan regulasi melalui Keputusan Kepala LKPP Nomor 122 tahun 2022 tentang tata cara penyelenggaraan katalog elektronik dan Inpres nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro , usaha kecil, dan koperasi dalam rangka mensukseskan gerakan nasional bangga dengan buatan Indonesia.


Disampaikan Toto, sistem e-katalog lokal kedepannya akan menjadi alternatif untuk menggantikan metode tender dan non tender karena lebih efisien dan efektif serta banyak menawarkan banyak kemudahan bagi pengelola dan penyedia berdasarkan penerapan secara nasional.

"E-Katalog lokal ini sudah dimulai sejak 2022 lalu dan ada 4 etalase. Pada 2023 Bagian Pengadaan Barang dan Jasa berkolaborasi dengan Dinas PUPR Kuansing dan tim e-katalog lokal telah menyelesaikan penyusunan etalase jalan," ujar Toto.

Dengan akan dibukanya etalase ini diharapkan asosiasi maupun penyedia bisa memanfaatkan fasilitas yang ada pada "teras konsultasi pemilihan barang dan jasa atau Kopi Baja". Semua pelayanan yang ada kata Toto tentunya akan digratiskan oleh Pemkab Kuansing.

"Kita akan mulai etalase preservasi jalan dan jembatan dimana kontraktor lokal bisa masuk etalase nantinya. Insya Allah pada Agustus ini sudah bisa klik di etalase," kata Toto.