Kejurnas Dayung Pakai Alat Canggih, Catat per Seribu Detik Jika Perahu Finish Bersamaan

Ilustrasi-lomba-dayung.jpg
(Liputan6.com/Angga Yuniar)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Peralatan yang digunakan wasit pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung antar Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Tahun 2023 merupakan eks peralatan Asian Games.

Technical Delegate (TD) Dayung, Edi Suyono mengatakan semua peralatan yang dipakai merupakan eks dari pada Asean Games. Keunggulan peralatan ini bisa mencatat per seribu detik apabila ada perahu bersamaan masuk finish.

"Untuk teknis lomba sudah 100 persen mulai dari venue, lintasan, peralatan control commission, untuk stat sistem dan fan sistem sudah bagus kita pakai eks Asian Games," ujar Edi Suyono, Jumat, 30 Juni 2023 kemarin.


Edi mengatakan untuk wasit yang akan mengawasi perlombaan juga bersertifikasi International. Kejurnas dayung ini juga mengutamakan keselamatan terhadap atlet yang bertanding.

"Atlet yang tidak pandai berenang itu nanti wajib menggunakan look jacket," katanya.

Kejurnas dayung kali ini diikuti 17 Provinsi se-Indonesia. Kejurnas akan berlangsung selama delapan hari 1-8 Juli 2023. Provinsi Riau menjadi tuan rumah dalam kejuaraan tersebut. Kejurnas dayung diselenggarakan di venue dayung Danau Kebun Nopi, Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing.