Amien Rais Diolok-olok Usai Kepergok Hadiri Pelantikan Gibran: Nggak Malu Pak?

Amien-Rais-hadiri-pelantikan.jpg
(Tangkapan layar)

RIAU ONLINE - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, turut menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR/DPR RI, Minggu, 20 Oktober 2024.

Kehadiran Amien Rais ini mendapat sorotan setelah potongan videonya hadiri pelantikan tersebut tersebar di media sosial.

Dalam unggahan yang dibagikan akun Instagram @MEDSOS_RAME, Amien Rais tampak hadir sebagai tamu undangan di pelantikan Prabowo-Gibran.

Ia terlihat duduk di samping mantan Anggota Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto dan mantan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Amien Rais Menghadiri Pelantikan Presiden," demikian keterangan dalam video tersebut, dilansir dari Suara.com.

Potongan video Amien Rais tersebut sontak menuai beragam reaksi netizen. Sejumlah netizen justru mengolok-olok Amien Rais. Bahkan ada yang menyindir Amien Rais dengan sebutan "sengkuni" hingga "gelandangan politik", sebutan yang diberikan oleh mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Gelandangan politik" cibir salah satu netizen disertai emoji tertawa.


"Siapa tau dapet jatah kursi sengkuni," sindir salah satu netizen.

"Gak malu pak?" tanya netizen lainnya.

"Dih ga tau malu kaya si agus donasi," tambah yang lain disertai emoji tertawa.

Kehadiran Amien Rais tersebut juga menjadi pertanyaan bagi sejumlah netizen. Pasalnya, Amien Rais menjadi tokoh yang gemar mengkritik hingga menghujat Presiden ke-7 RI Jokowi dan keluarganya. Bahkan, belakangan Amien Rais menyerukan agar rakyat bergerak untuk melengserkan Gibran setelah resmi dilantik sebagai wapres terpilih.

"Lah katanya mau demo gimana sih," celetuk netizen lainnya.

"Raganya hadir. Tp jiwanya tetap akan demo," ledek yang lainnya.

"Itu kan yang kmaren teriak-teriak mau lengserkan pak Jokowi. Gak usah repot-repot, pak Jokowi sudah turun secara hormat," tambah yang lain.

Namun, tak sedikit netizen yang berspekulasi alasan Amien Rais berada di acara pelantikan Prabowo-Gibran sebagai undangan karena pernah menjabat sebagai pimpinan MPR.

"Amien rais datang sebagai mantan ketua mpr waktu dulu. Gpp," tulis netizen lainnya lagi.