Mengingat Kembali Lambang Dasar Negara, Garuda Pancasila dan Maknanya

Garuda-Pancasila.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Burung Garuda adalah lambang negara Indonesia yang dicetuskan oleh Sultan Hamid II pada 1950. Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi resmi Indonesia yang berfungsi sebagai pedoman dan prinsip dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Berdasarkan catatan sejarah, butuh waktu ratusan tahun bagi masyarakat Indonesia untuk dapat bersatu dengan berlandaskan Garuda Pancasila ini. Bangsa Indonesia juga melewati berbagai kejadian, sejak terpecah-pecah dalam bentuk kerajaan, mengalami peperangan dan perebutan kekuasaan, dijajah hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945.

Simbol-simbol pada Lambang Garuda Pancasila disusun secara hati-hati dan dimodifikasi secara terus menerus oleh para tokoh awal pendiri bangsa Indonesia. 

Adapun makna simbol Burung Garuda, diantaranya:

1. Kepala Garuda menghadap ke sisi kanan

Pada lambang burung Garuda Pancasila kita akan melihat bahwa burung Garuda kepalanya menghadap ke kanan. Adapun arti dari kepala Garuda Pancasila yang menghadap ke kanan adalah kebajikan.

2. Perisai di badan Garuda

Terdapat gambar perisai di tengah badan burung Garuda Pancasila. Perisai ini memuat lima simbol yang mengartikan lima sila dalam Pancasila.

3. Jumlah bulu Garuda 


Jumlah bulu pada masing-masing sayap Garuda adalah 17 helai, melambangkan tanggal kemerdekaan RI pada tanggal 17. 

Jumlah bulu pada ekor mencapai 8 helai melambangkan bulan kemerdekaan adalah Agustus atau bulan 8. Sedangkan pada bagian leher ada 45 helai yang melambangkan tahun kemerdekaan 1945 atau 45.

4. Kaki Burung Garuda mencengkeram Pita Putih bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika"

Simbol ini mendeskripsikan bahwa dasar negara, yakni Garuda Pancasila adalah pemersatu bangsa. Garuda memegang kuat prinsip Bhineka Tunggal Ika yang artinya Walaupun Berbeda-beda, tetapi tetap satu juga.

Kemudian, makna dari 5 simbol pada perisai Garuda Pancasila adalah:

1. Bintang Tunggal

Bintang tunggal yang memiliki lima sudut, berada di tengah perisai Burung Garuda. Dipakai sebagai simbol sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Rantai Emas

Lambang rantai merupakan simbol sila kedua, yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

3. Pohon Beringin

Simbol pohon beringin melambangkan melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

4. Simbol Kepala Banteng

Kepala Banteng adalah lambang dari sila keempat Pancasila yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

5. Simbol Padi dan Kapas

Simbol kelima yang juga menjadi simbol terakhir dari Pancasila adalah padi dan kapas. Padi dan kapas keduanya menunjukan kemakmuran bangsa Indonesia dan juga kesejahteraan bangsa Indonesia.