Prabowo Diam Saat Keberadaan Gibran Ditanyakan, Tak Tahu?

Prabowo-usai-rapat-di-DPR-RI1.jpg
(Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE - Mendekati pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, keberadaan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menjadi misteri.

Padahal, Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, tengah rajin bertemu dengan berbagai tokoh hingga pimpinan partai. Tentunya susunan kabinet ke depan juga menjadi bahan perbincangan.

Prabowo sempat ditanya jurnalis terkait keberadaan Gibran. Hal ini mengemuka usai Prabowo sebagai Menteri Pertahanan rapat dengan Komisi I DPR, Rabu, 25 September 2024.

"Pak, Mas Gibran ke mana, Pak, kok enggak kelihatan bareng-bareng, Pak?" tanya wartawan kepada Prabowo yang berjalan keluar dari ruang rapat. Dia didampingi sejumlah petinggi Gerindra dan pimpinan Komisi I.

Prabowo hanya tersenyum, langkahnya terhenti karena begitu banyak orang yang mendekat. Hanya ada Mayor Teddy yang menjadi tumpuan Prabowo agar langkahnya bisa maju perlahan.

Prabowo tidak menjawab pertanyaan soal Gibran. Ia justru menanggapi pertanyaan terkait pembebasan pilot Susi Air, Philip Mehrtens.

"Ya, kita bersyukur, ya, bisa ada penyelesaian yang baik tanpa kekerasan, ini akibat kerja sama yang baik dari semua," kata Prabowo, dikutip dari kumparan, Jumat, 27 September 2024.



Kebersamaan Prabowo dan Gibran dalam satu acara di depan publik memang sudah lama tak terlihat. Terakhir kali, keduanya tampak bersama di hadapan publik saat penutupan Rapimnas Gerindra, di GBK, pada 31 Agustus 2024.

Saat itu, Presiden Jokowi juga hadir. Jokowi bersama Gibran, anak sulungnya, memakai baju ala Gerindra, yaitu kemeja putih lengan panjang bersaku empat dan celana krem.

Tapi belakangan, Gibran lama tak terlihat berkegiatan. Padahal sebelumnya, tak lama usai ditetapkan sebagai wapres terpilih pada 24 April, Gibran rajin berkeliling untuk melakukan uji coba makan bergizi gratis.

Terakhir, Gibran terlihat berkegiatan di Solo, 10 September 2024. Gibran blusukan mendampingi paslon Pilwako Solo yang didukungnya, Respati Ardi-Astrid Widayani.

Saat itu dia sempat menjawab pertanyaan jurnalis soal private jet yang dinaiki adiknya, Kaesang Pangarep, yang memicu kehebohan. "Tanyakan Kaesang," jawab Gibran pendek.

Begitu juga soal jet pribadi yang ditumpangi Bobby Nasution, adik iparnya.
“Tanyakan Bobby,” kata Gibran.

Gibran juga pernah ditanya soal akun Fufufafa di Kaskus yang dikaitkan dengan dirinya. Gibran menyangkal sebagai pemilik akun yang rajin menyerang Prabowo dan keluarganya itu dengan menyuruh jurnalis bertanya kepada pemilik akun itu.

Setelah itu Gibran tak terlihat. Namun, muncul dugaan dia menghadiri konser Bruno Mars di JIS Jakarta setelah sebuah akun memotret Gibran berada di lift bersama istrinya. Konser Bruno Mars digelar 11,13,14 September.

Ketidakhadiran Gibran, utamanya berdua bersama Prabowo, tak ayal menimbulkan syak wasangka Prabowo mulai tak akur dengan Gibran. Tapi, hal itu dibantah Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani.

“Saya tiap minggu ketemu,” kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu, 25 September 2024.

“Bahas semua, kemarin saya ketemu sama dia, minggu lalu,” kata Muzani saat ditanya apakah pertemuan itu membahas komposisi kabinet.