Lapor Gratifikasi Jet Pribadi ke KPK, Kaesang Ngaku Nebeng Teman

Kaesang-di-Gedung-KPK2.jpg
(Foto: Dok. Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Kaesang Pangarep akhirnya melaporkan penggunaan jet pribadi yang ditumpanginya ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyampaikan, dalam laporan tersebut, Kaesang membuat laporan sebagai anak dari penyelenggara negara.

"Di formulir disebut Kaesang melapor sebagai anak PN (penyelenggara negara)," kata Pahala, dikutip dari KUMPARAN, Selasa, 17 September 2024.

Pahala menambahkan, KPK tidak menutup peluang untuk meminta klarifikasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku ayah dari Kaesang Pangarep.



"Ya ada lah (kemungkinan klarifikasi Jokowi). Namanya belum tentu kan bisa jadi iya, bisa jadi enggak, gitu ya. Tapi enggak spekulasi lah yang gitu-gituan, kita lihat aja gitu," ujarnya.

Dalam laporannya, Kaesang mengaku jet pribadi tersebut milik temannya. Saat itu, dirinya bersama Erina hanya menumpang saat perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

"Jadi hari ini kedatangan saya ke KPK sebagai warga negara yang baik. saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat. Saya datang ke sini, bukan karena undangan, bukan karena panggilan tapi inisiatif saya," ujar Kaesang.

"Saya juga di dalam, mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat yang numpang atau nebeng pesawatnya teman saya," imbuhnya.

Meski demikian, Kaesang tidak menjelaskan lebih lanjut siapa teman yang dia maksud dalam perjalanan tersebut. Belakangan, KPK mengungkap bahwa teman Kaesang itu berinisial Y.