Dilantik Jokowi, Gus Ipul Resmi Jabat Menteri Sosial Gantikan Tri Rismaharini

Pelantikan-Gus-Ipul-jadi-Mensos.jpg
(Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Saifullah Yusuf atau Gus Ipul resmi menjabat Menteri Sosial setelah dilantik Presiden Jokowi, Rabu, 11 September 2024. Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mundur untuk bertarung di Pilgub Jatim.

Pelantikan yang digelar di Istana Negara tersebut dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

"Keputusan Presiden No 102/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Dengan rahmat Tuhan YMA, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, ke satu mengangkat saudara Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024," kata Deputi bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Nanik Purwanti, di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari kumparan.

"Kedua dan seterusnya ditetapkan di Jakarta pada tanggal 10 September 2024. Presiden Repulik Indonesia Joko Widodo," tambah dia.



Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti Gus Ipul.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD NRI 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi, lalu Gus Ipul mengikutinya.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut mereka bergantian.