Bukan Cuma Anak Sekolah, Makan Bergizi Gratis Juga untuk Ibu Hamil dan Balita

Menu-makan-siang-gratis.jpg
(Ave Airiza Gunanto/kumparan)

RIAU ONLINE - Pemerintah akan menerapkan program makan bergizi gratis, bukan hanya untuk anak sekolah, namun juga menyasar ibu hamil dan balita. Sementara saat ini, program ini sudah diujicobakan untuk anak SD hingga SMA.

“Pemerintah sependapat dengan pandangan fraksi Demokrat dan PKS mengenai program Makanan Bergizi Gratis yang harus menyasar ibu hamil, menyusui dan balita yang diharapkan sekaligus meningkatkan kecukupan gizi, peningkatan kecerdasan anak dan pencegahan stunting,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Rapat Paripurna DPR RI ke-4 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, Selasa, 27 Agustus 2024, kumparan.

Sri Mulyani menyebut penurunan prevalensi stunting menjadi satu di antara fokus dari anggaran kesehatan untuk tahun 2025. Pemerintah pun berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan pada anggaran tahun depan.



“Komitmen meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan yang telah dilakukan tahun ini akan terus dilakukan pada tahun 2025,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga mengungkapkan soal anggaran peningkatan kesejahteraan dan percepatan pengentasan kemiskinan. Anggaran untuk kedua hal tersebut didukung anggaran perlindungan sosial yang alokasinya mencai Rp 504,7 triliun.

“Peningkatan kesejahteraan dan percepatan pengentasan kemiskinan akan didukung anggaran perlindungan sosial yang mendapatkan alokasi Rp 504,7 triliun,” ungkap Sri Mulyani.