Begini Doa Gus Yaqut Saat Upacara HUT ke-79 RI

Menag-Yaqut-Cholil-Qoumas.jpg
(Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memimpin pembacaan doa pada pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pada upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara ini, Gus Yaqut Gus Yaqut berdoa agar masyarakat Indonesia bisa menyadari apa arti kemerdekaan yang hakiki. 

"Ya Allah, ya Tuhan kami, dari kemerdekaan di negeri kami, kami memohon kepada-Mu, ya Allah, ilhamilah kami untuk dapat menyadari dengan benar rahmat agung anugrah-Mu, nikmat kemerdekaan kami, berikan kepada kami dan pemimpin kami kecerdasan memahami arti kemerdekaan yang hakiki," kata Gus Yaqut, dikutip dari KUMPARAN.

Gus Yaqut mengatakan, sudah beratus tahun Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Menurutnya, jika harus dijajah, bangsa Indonesia lebih baik dijajah langsung oleh Allah SWT Sang Pencipta.

"Ya Allah ya Tuhan kami, jajahlah kami, Jajahlah kami oleh-Mu sendiri, jangan biarkan selain-Mu diri-diri kami ikut menjajah kami," ucap Gus Yaqut.



Dalam doa tersebut, Gus Yaqut juga memohon agar Rakyat Indonesia menjadi tuan atas diri sendiri.

"Jangan biarkan kami terus menjadi hamba-Mu yang tidak menyadari kehambaan, jadikan kami hanya untuk menghamba kepada-MU dan menjadi tuan atas diri-diri kami sendiri," tutur dia.

Gus Yaqut juga memohon agar pemimpin negara ini diberikan kearifan dan kebijaksanaan.

"Ya Allah ya Tuhan kami Yang Maha Bijaksana, karuniakan pemimpin kami kearifan dan kebijaksanaan, buka kan hati kami untuk menjunjung tinggi kejujuran menegakkan keadilan," ucap Yaqut.

"Bukakanlah hati kami mementingkan kepentingan bersama melebihi kepentingan pribadi. Karuniai lah bangsa kami maka akan kemerdekaan sebenarnya," imbuhnya.