Gunakan Smart Home System, Fasilitas Pendukung Rusun ASN di IKN Terus Dilengkapi

Kementerian-PUPR-terus-lengkapi-fasilitas-pendukung-rusun-ASN-di-IKN.jpg
(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR)

RIAU ONLINE - Infrastruktur serta fasilitas pendukung di dalam hunian vertikal yang akan dihuni oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilengkapi.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto mengatakan, pihaknya terus berupaya agar hunian yang akan dihuni para ASN telah siap huni.

“Kami terus berupaya agar hunian yang akan dihuni para ASN telah siap huni dan lengkap dengan fasilitas penunjangnya misalnya dengan adanya jaringan ritel, sarana pengiriman barang serta perbankan,” kata Iwan, dikutip dari ANTARA, Kamis, 15 Agustus 2024.

Kementerian PUPR juga bekerja sama dengan sejumlah mitra kerja untuk pemenuhan fasilitas pendukung smart home system seperti jaringan ritel, ekspedisi serta ruang-ruang komunal serta ruang bersama yang bisa dimanfaatkan oleh para ASN.

“Sejumlah gerai juga sudah ada dan yang telah masuk ke Rusun ASN antara lain Indomaret, Pos Indonesia, BNI Digital Banking Cafe dan lainnya. Semoga Hunian ASN beserta fasilitas pendukungnya ini dapat memberikan banyak manfaat dan menepis keraguan bagi para ASN yang akan tinggal disini,” ungkap Irwan.



Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, perusahaan pengelola jaringan ritel Indomaret yakni PT Indomarco Prismatama telah melakukan ekspansi gerai mereka di IKN.

Selain itu, ada juga gerai Pos Indonesia yang berlokasi di lobby Rusun ASN 1 Tower B. Adanya gerai Pos Indonesia tentu dapat memudahkan para pegawai ASN yang pindah ke IKN dalam transaksi pengiriman barang atau dokumen dengan cepat dan tepat.

Kementerian PUPR bekerja sama dengan Bank BNI telah menyiapkan juga tempat berkumpul aestetik yang tidak kalah seru yakni BNI Digital Banking Cafe.

“Nasabah maupun masyarakat sekitar, terutama aparatur sipil negara (ASN), yang bermukim di kawasan IKN dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan perbankan secara aman dan nyaman,” pungkasnya.