Nusantara Airport Berubah Konsep Jadi Bandara Komersil

Presiden-Joko-Widodo-dan-Kabinet-berkeliling-Ibu-Kota-Nusantara-IKN.jpg
(BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RIAU ONLINE - Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara Airport yang semula akan digunakan khusus untuk Very Very Important Person (VVIP) akan diubah fungsinya menjadi bandara komersial yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) PT Intiland Development Tbk di IKN, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.

"Bandara ini awalnya memang didesain untuk VVIP, tetapi sekarang kita ubah untuk penggunaan komersial umum. Ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa akses menuju Ibu Kota Nusantara dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, bukan hanya kalangan terbatas," kata Presiden, dikutip dari Liputan6.com.



Presiden menyampaikan bahwa perubahan ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan mempermudah akses ke IKN, terutama dengan rencana rampungnya proyek jalan tol yang akan menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia dengan IKN.

"Perubahan ini bukan hanya soal infrastruktur, tetapi juga tentang bagaimana kita membuka kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara," imbuhnya.

Nusantara Airport diharapkan menjadi pintu gerbang utama yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas di kawasan IKN serta meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia.