Progres Pembangunan IKN Mencapai 49 Persen dari 107 Paket Fisik

Istana-Negara-di-IKN.jpg
(ANTARA/Ahmad Rifandi)

RIAU ONLINE - Satgas Pelaksanaan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) klaim pembangunan fisik IKN mencapai 49 persen. Hal ini disampaikan Ketua Satgas Pelaksanaan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, Kamis, 8 Agustus 2024.

Danis menyampaikan, progres pembangunan IKN secara total mencapai 49 persen dari 107 paket fisik yang dikerjakan dengan pagu anggaran Rp84,56 triliun.

"Berbagai infrastruktur penting seperti jalan, jembatan, bendungan, dan perumahan terus dikebut pembangunannya," kata Danis, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Danis menambahkan, Satgas Pelaksanaan Infrastruktur IKN fokus pada mewujudkan visi IKN sebagai kota yang berkelanjutan dengan porsi ruang terbuka hijau sebesar  65 persen.

Danis menyebut progres pada gelombang pertama dimulai pada 2020 hingga Maret 2023 meliputi 40 paket pekerjaan telah mencapai lebih dari 90 persen pembangunan. 



Pada gelombang kedua, menurutnya, dilanjutkan April hingga November 2023 dengan tambahan 31 paket pekerjaan mencapai perkembangan 53 persen. 

"Dilanjutkan pada gelombang ketiga sejak Desember 2023 hingga saat ini, terdiri dari 36 paket pekerjaan dengan progres 12 persen," ujar Danis.

Untuk mendukung pemindahan ibu kota, pemerintah pusat telah memulai pembangunan berbagai fasilitas publik, termasuk istana negara, kantor kementerian, dan perumahan bagi para ASN. Saat ini, 12 gedung hunian ASN terdiri dari 12 lantai, dan lima unit apartemen telah siap huni serta akan terus ditambah hingga mencapai 47 gedung hunian.

"Pembangunan IKN, saat ini, sebagian besar dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pemerintah juga mendorong investasi swasta untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi prioritas di IKN," paparnya.