Anggaran untuk HUT ke-79 RI Bengkak, Jokowi Sebut Wajar

jokowi91.jpg
([YouTube Sekretariat Presiden])

RIAU ONLINE - Anggaran untuk perayaan HUT ke-79 RI pada 2024 mengalami lonjakan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bahkan dibenarkan Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan hal ini dikarenakan HUT RI tahun ini digelar di dua lokasi, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, dan halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi (pemindahan ibu kota), sehingga menjadi di dua tempat," kata Jokowi di JCC Senayan, dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 9 Agustus 2024.

Meski begitu, menurut Jokowi, lonjakan anggaran HUT ke-79 RI tidak terlalu tinggi. Ia menilai besaran anggaran HUT ke-79 RI masih dalam tahap yang wajar.

"Tapi kan bukan lompatan yang anu (tinggi). Saya kira anggaran biasa, wajar," ucap Jokowi.



Namun, Jokowi tidak mengungkap besaran anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk perayaan HUT ke-79 RI di dua lokasi. Kata dia, anggaran HUT RI ada di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

"Juga anggarannya di Kemensetneg," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan anggaran penyelenggaraan HUT Ke-79 RI lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun kenaikannya tidak signifikan.

"Ya karena upacara sekarang diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya, tetapi tidak signifikan,” kata Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa.

Pratikno menyatakan tidak hafal berapa anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan HUT Ke-79 RI. Ia meminta wartawan menanyakan hal tersebut kepada Kepala Sekretariat Presiden.