Detik-Detik Proklamasi di IKN Dimulai Pukul 11.00 WITA

Desain-Memorial-Park-IKN.jpg
(Dok. Kementerian PUPR)

RIAU ONLINE - Upacara Detik-detik Proklamasi yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dimulai pada pukul 11.00 WITA di IKN atau 10.00 WIB di Istana Merdeka.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Rabu, 7 Agustus 2024 mengatakan, tata upacara militer akan dilakukan IKN.

"(Upacara) Detik-detik Proklamasi dilaksanakan jam 11.00 WITA di IKN, 10.00 WIB di Jakarta," kata Hadi Tjahjanto, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Hadi, prosesi tata upacara militer, seperti pengibaran bendera pusaka akan sama dengan yang dilakukan saat upacara di Istana Merdeka tahun-tahun sebelumnya.



"Termasuk juga by pass pesawat tempur. rencananya ada banner bendera merah putih dibawa oleh helikopter militer. Ini nanti juga tampil sama persis dengan kegiatan-kegiatan di luar tata upacara militer. Juga ada aubade. Jadi sama seperti dilaksanakan di Jakarta," imbuhnya.

Nantinya, Istana akan membagi undangan untuk dua sesi yakni, 1.000 undangan untuk upacara pengibaran bendera pagi hari. Sementara itu, 1.000 undangan lainnya untuk upacara penurunan bendera sore hari.