Kereta Tanpa Rel di IKN Akan Mulai Uji Coba Pekan Depan

Menhub-Budi-Karya-Tinjau-Pembangunan-ART.jpg
(Dok. Humas Kemenhub)

RIAU ONLINE - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan uji coba kereta tanpa rel atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART) akan berlangsung pada Senin, 5 Agustus 2024 di kawasan Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Budi Karya menjelaskan, tahap uji coba akan berlangsung bersamaan dengan hari pertama ART beroperasi.

"Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit," kata Budi Karya, dikutip dari Kumparan, Senin, 29 Juli 2024.

Budi Karya mengungkapkan sarana perkeretaapian atau rolling stock kereta ART saat ini sudah tersedia di Kota Balikpapan.



Menurut Budi Karya, BUMN China CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco, selaku penyedia Kereta ART Bersama dengan pemerintah akan mengatur skema layanan gratis selama Agustus hingga Desember 2024 mendatang.

"Kita memberikan jalan yang sudah dikonstruksi oleh Otorita IKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan membuat marka-marka," ujarnya.

Budi Karya menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menjadikan ART sebagai moda transportasi di IKN.

"Dari sejak pertama kali saya melapor Presiden, beliau sangat ingin untuk menjadikan ini sebagai moda transportasi yang ada di IKN," pungkasnya.