4 Jenderal Polisi Ini jadi Calon Pimpinan KPK, Kapolda hingga Anak Buah Firli Bahuri

Ilustrasi-Polri.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAU ONLINE - Empat jenderal polisi dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Hal ini tertuang dalam dokumen pengumuman nomor 37/PANSEL-KPK/07/202 yang dikeluarkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

Lantas, siapa saja yang bakal menjadi calon pimpinan KPK?

1. Irjen Didik Agung Widjanarko

Irjen Didik Agung Widjanarko kini menjabat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK. Sebelumnya, ia sempat menduduki posisi Direktur Koordinator dan Supervisi I KPK.

Didik sebelum menjabat di KPK, juga sempat menjadi Kapolres Ambon dan Kabid Humas Polda Maluku. Ia dilantik sebagai Deputi pertama kali oleh Firli Bahuri pada 2022 lalu.

2. Irjen Djoko Poerwanto

Irjen Djoko Poerwanto saat ini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah sejak 2023. Jenderal berusia 56 tahun itu berpengalaman di bidang reserse.



Ia pernah menjabat Wakasat Serse Polres Bekasi, Kanit I Reserse Umum Polda Jambi, hingga Kasubdit III Tipidkor Polda Jateng.

Kariernya mulai menanjak pada 2019, saat menjabat Dirtipidkor Bareskrim Polri. Djoko kemudian menjabat Kapolda NTB pada 2021.

3. Komjen Setyo Budiyanto

Komjen Setyo Budiyanto saat menjabat Irjen Kementerian Pertanian (Kementan) sejak Maret 2024. Jenderal bintang tiga yang berusia 57 tahun itu juga berpengalaman di bidang reserse.

Dulu, Komjen Setyo pernah menjadi Direktur Penyidikan KPK pada 2020. Selanjutnya, ia dipercaya menduduki posisi Kapolda NTT pada 2021 dan Kapolda Sulawesi Utara pada 2022.

Sebelum menjabat Irjen Kementan, ia sempat menjadi Pati Itwasum Polri pada 2024, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Jumat, 26 Juli 2024.

4. Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak

Jenderal kelahiran Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) berusia 55 tahun ini kini menjabat Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional sejak 2023.

Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak memiliki banyak pengalaman di bidang reserse. Ia pernah bekerja di KPK sebagai Direktur Penyidikan KPK selama dua tahun, 2018-2020.

Pada 2020-2021, jenderal bintang tiga ini dipercaya menjadi Kapolda Sulawesi Utara, lalu Kapolda Sumatera Utara pada 2021-2023.