Mahfud MD Bongkar Borok Hedon KPU: Asusila, Mobil Mewah, hingga Jet Pribadi

Ilustrasi-gedung-KPU2.jpg
(Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAU ONLINE - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, membongkar gaya hidup mewah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini diungkapnya setelah dipecatnya Hasyim Asyari dari jabatan Ketua KPU terkait tindakan asusila.

Mahfud MD menilai bahwa dari daftar pejabat dan komisioner KPU lengkap yang ada saat ini, sudah tidak layak menggelar Pilkada serentak. Hal ini disampaikan Mahfud MD melalui akun X miliknya.

Dalam pernyataannya di akun X miliknya, Mahfud MD mengungkap bahwa setiap komisioner KPU memakai mobil dinas hingga ada yang menyewa jet untuk alasan dinas. Menurutnya hal ini berlebihan.



"Pasca putusan DKPP memecat Ketua KPU Hasyim Asy'ari kita terus terkaget-kaget dgn berita lanjutannya. Info dari obrolan sumber Podcast Abraham Samad SPEAK UP, setiap komisioner KPU sekarang memakai 3 mobil dinas yang mewah, ada juga penyewaan jet (utk alasan dinas) yg berlebihan, juga fasilitas lain jika ke daerah yang (maaf) asusila. DPR dan Pemerintah perlu bertindak, tidak diam," cuit Mahfud MD dikutip pada Senin, 8 Juni 2024.

Mantan Cawapres pada Pilpres 2024 lalu itu menilai perlu untuk mempertimbangkan pergantian semua komisioner di KPU.

"Secara umum KPU kini tak layak menjadi penyelenggara pilkada yang sangat penting bagi masa depan Indonesia. Pergantian semua komisioner KPU perlu dipertimbangkan tanpa harus menunda Pilkada November mendatang, Juga tanpa harus membatalkan hasil pemilu yang sudah selesai diputus atau dikonfirmasi oleh MK," katanya, dikutip dari Suara.com.

Sementara saat ini, KPU dipimpin oleh Mochamad Afifuddin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua menggantikan Hasyim Asyari yang dipecat DKPP setelah terbukti melakukan tindakan asusila.