Didesak Mundur, Budi Arie Malah Gembok Akun

Didesak-Mundur-Budi-Arie-Malah-Gembok-Akun.jpg
(Instagram/Budi Arie Setiadi)

RIAU ONLINE - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengunci akun media sosialnya, pasca serangan ransomware ke server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 milik Kementerian Kominfo.

Belakangan, muncul petisi desakan Budi Arie untuk mundur dari jabatannya sebagai Menkominfo, lantaran dinilai gagal menjaga keamanan data di PDNS 2.

Dikutip dari Kumparan, Kamis, 4 Juli 2024, media sosial Budi Arie sudah dalam mode privat pada Kamis, 4 Juli 2024 malam. 

Budi Arie juga belum memberikan keterangan apapun, baik perihal desakan untuk dirinya mundur dari jabatannya, maupun media sosialnya yang privat.



Desakan agar Budi Arie dievaluasi juga disampaikan Ketua DPR Puan Maharani. Ia menilai Budi Arie telah gagal menjalankan tugasnya.

“Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden,” kata Puan, Kamis, 4 Juli 2024.

Sebelumnya, pemerintah kehilangan akses data PDN sejak 20 Juni. Data di PDN dienkripsi atau dikunci oleh geng Brain Cipher sehingga tak bisa diakses oleh para tenant yang berasal dari lembaga negara, kementerian, dan pemda.

Brain Cipher pada Rabu, 3 Juli 2024 memberikan kunci dekripsi untuk membuka kuncian di PDN. Menurut Kominfo, pihaknya sudah mencoba kunci yang diberikan itu dan telah berhasil membuka data spesimen.