MPR Pastikan Pelantikan Prabowo-Gibran di Senayan

Prabowo-dan-Titiek2.jpg
(Dok Suryo Prabowo)

RIAU ONLINE - Pelantikan Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto akan dilaksanakan di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Wakil ketua MPR Ahmad Muzani, dilansir dari laman Liputan6.com, Jumat, 28 Juni 2024.

"Pelantikan (Presiden-Wapres Terpilih) di Senayan," kata Muzani.

Meski demikian, Prabowo dijadwalkan akan mendampingi Presiden Joko Widodo saat upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Meski mengaku akan hadiri upacara di IKN, Muzani belum bisa memastikan kehadiran seluruh pimpinan MPR pada upacara peringatan HUT ke-79 tersebut.


"Ya enggak tahu. nanti yang sempat, saya enggak tahu. Kalau saya Insyaallah ke IKN," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diwakili oleh Kasubdit Perencanaan Teknis, Direktorat Bina Penataan Bangunan, Putri Intan Surri menjelaskan tentang perjalanan pembangunan IKN.

“Pemindahan IKN ini sebelum disampaikan oleh Presiden pada Agustus 2019, ada tiga kementerian yang diminta untuk melakukan kajian yaitu PPN Bappenas untuk kajian lokasi IKN”.

“Lalu ada kementerian ATR yang mengkaji teknis dan tata ruang pemindahan ibu kota, lalu ada PUPR yang mencari dan mendiskusikan konsep IKN,” jelas Putri.

Diketahui pula bahwa pembangunan di IKN oleh PUPR saat ini telah sebesar 43,24 persen per 16 Juni 2024 dengan jumlah 104 paket yang telah terkontrak.